• 24 April 2024

Panen Sayur selama WFH

uploads/news/2021/10/panen-sayur-selama-wfh-3855194dcf6cde2.jpg

“Dari dulu pengen punya kebun tapi masih belum ada niatan, jadi mumpung saya juga libur di rumah, sama sama ibu bikin mini hidroponik pakai sistem wick ini”

Pandemi yang tak kunjung usai memang membuat banyak masyarakat menjadi bereksperimen melakukan hal-hal baru. Untuk mencegah penyebaran COVID-19 semua masyarakat diharuskan melakukan physical distancing, bahkan melakukan karantina diri di rumah. Agar terhindar dari kejenuhan, ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, salah satunya berkebun di rumah.

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

Seperti Dara contohnya, wanita asal Bojonegoro, Jawa Timur ini mengisi kebosanan selama Work Fron Home dengan bercocok tanam dihalaman rumahnya. Dara mengakui sudah menanam berbagai jenis sayuran, seperti Sawi, Selada Merah, Selada Hijau, Seledri, Bawang Merah, Pak Choi, Kangkung.Meski baru memasuki minggu kedua menanam, namun dara yakin, sayuran yang ia tanam akan tumbuh dengan bagus.

Baca juga: Kol Goreng, Lezat tapi Berbahaya

“Jadi ini pertama yang punya ide ibu, dan ibu saya bekerja di Dinas Pertanian Bojonegoro jadi yang punya sedikit punya ilmu tentang hidroponik. Dari dulu pengen punya kebun tapi masih belum ada niatan, jadi mumpung saya juga libur di rumah, sama sama ibu bikin mini hidroponik pakai sistem wick ini” Ujar mahasiswi Universitas Airlangga Surabaya ini.

Baca juga: Belajar Kehidupan dari Usaha Hidroponik

Ini adalah kali pertama dara berkebun, maka dari itu masih banyak hal-hal yang ingin dia pelajari tentang tumbuhan. Selain cahaya matahari, sayur-sayuran juga akan tumbuh subur jika kebutuhan nutrisi tanahnya terpenuhi. Kebutuhan nutrisi tanah bisa terpenuhi dengan melakukan penyiraman rutin dan pemberian nutrisi yang cukup.

“Ini nggak pakai listrik jadi air dan nutrisinya harus bener-bener dikontrol manual takutnya nanti tumbuhannya gak ternutrisi dengan baik. Dan tumbuhannya yang terlalu banyak kena sinar matahari jadi ada beberapa daunnya yg layu, rencana mau dikasih iyup-iyupan. Sejauh ini hanya itu hambatannya, untuk tanaman semua kondisinya bagus, ga ada hama sama sekali.” Tutupnya.

Baca juga: Ketahui Penyakit Rentan pada Kucing

Baca juga: Mitos Makan Mentimun saat Haid

Related News