• 20 April 2024

Ketahui Penyakit Rentan pada Kucing

uploads/news/2021/10/ketahui-penyakit-rentan-pada-79340d03c0f50a3.jpg

“Harus cepat ditangani karena virus tersebut bisa menular dari induk ke anak-anaknya”

Layaknya hewan peliharaan pada umumnya, Sahabat Tani perlu berhati-hati memelihara kucing karena kucing juga bisa jatuh sakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit parah yang bisa menghilangkan nyawa.

Kucing peliharaan bisa jadi sangat rentan dengan berbagai macam penyakit meskipun Sahabat Tani memeliharanya di dalam rumah. Kondisi kesehatan kucing bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, kondisi tubuh, makanan, dan mental kucing. Jika kesehatannya tidak dijaga, kucing peliharaan bisa saja mengalami penyakit seperti kanker, diabetes, infeksi, hingga rabies.

Nah, jika Sahabat Tani memelihara kucing, penting sekali untuk memantau kesehatan kucing agar terhindar dari berbagai penyakit.

Menurut Octaviena Yulien Rafles, dokter hewan, bagi pemula yang baru memelihara kucing, perlu mengetahui pentingnya menjaga kesehatan kucing kesayangan. Ada beberapa jenis penyakit yang rentan menyerang kucing, termasuk kucing dewasa.

“Untuk penyakit yang paling rentan terkena kucing biasanya adalah penyakit karena virus, apalagi kucing untuk usia muda,” ujar Octaviena kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Cegah Penularan Rabies dengan Vaksin

Alumnus Universitas Gadjah Mada 2014 ini juga mengatakan, saat kucing peliharaan sakit, penting untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang sehingga bisa ditangani dengan tepat. “harus cepat ditangani karena virus tersebut bisa menular dari induk ke anak-anaknya,” tegasnya.

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan kucing peliharaan, salah satunya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ternyata, kondisi gigi dan mulut sangat berpengaruh pada kesehatan kucing secara keseluruhan. Sama seperti manusia, gigi kucing juga harus dibersihkan dengan teratur.

Baca juga: Perhatikan Kucing di Masa Pandemi

Tak hanya itu, virus begitu rentan menyebabkan kematian pada kucing yang kita pelihara. Beberapa jenis penyakit pada kucing yang disebabkan virus adalah Feline Infectious Peritonitis (FIP), Rabies, leukimia, FIV (seperti HIV namun menyerang kucing), diare dan lain-lain.

Dokter yang bekerja di Klinik Hewan Anom, Denpasar Bali ini juga mengatakan Sahabat Tani perlu melakukan pencegahan yang tepat agar kucing kesayangan kalian terhindar dari penyakit berbahaya.

“Untuk pencegahannya hanya melalui vaksin. Kemudian, boleh ditambah dengan pemberian vitamin atau imun booster untuk menjaga kekebalan tubuh,” tutupnya.

Baca juga: Cukupi Nutrisi Kucing Kesayanganmu

Related News