• 29 March 2024

Perhatikan Kucing di Masa Pandemi

uploads/news/2021/08/perhatikan-kesehatan-kucing-saat-219855b696c5036.jpg

"Hal yang penting dari upaya menambahkan suplemen kucing, yaitu membantu membasmi jamur, ketombe dan scabies. Selain itu mengurangi kerontokan serta membuat bulu lebih lebat"

JAKARTA - Pandemi tidak hanya menyerang manusia saja, akhir-akhir ini sering terdengar bahwa banyak hewan yang juga terpapar virus COVID-19. Untuk itu penting bagi kita yang memiliki peliharaan di rumah khususnya kucing agar selalu memperhatikan kesehatannya.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Hal ini, karena perawatan kucing yang bisa dibilang cukup mudah. Manin, Pecinta kucing yang tinggal di Jalan Karang Tengah Raya, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan hewan peliharaan khususnya dalam melalui masa pandemi saat di rumah.

Menurutnya, memelihara kucing tidak sekadar memberi makan saja. Pemilik juga harus menjaga kondisi kesehatannya, termasuk vitamin salah satunya "Jaga kandang sama tempat buang kotoran / litter box tetap bersih, sesekali kandang dan litter box dicuci dengan disinfektan. untuk menghindari kuman. lalu dengan memperhatikan kondisi kucing itu sendiri. semisal bulunya kotor, dibersihkan atau bila perlu dimandikan. untuk memandikan apabila kucing sedang sakit tapi badannya kotor, cukup dibersihkan bulu bulunya dengan tisu basah atau handuk yg berisi air hangat, jangan lupa setelah itu dikeringkan. kalau kucing sudah terlihat tanda-tanda sakit, seperti lemas atau berada di tempat yg sepi menyendiri berarti perlu perhatian ekstra," ujarnya kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Deteksi Perasaan Kucing Melalui Aplikasi

Selain menjaga kebersihan, Manin menyampaikan pemberian obat-obatan dan asupan makanan juga penting. “Untuk menjaga kesehatan banyak macamnya dari yang mahal seperti nutriplus gel, vitamin berbentuk pasta yang banyak kandungannya. seperti untuk menjaga kesehatan bulu, membuat badan kucing lebih berisi sampai suplemen untuk recovery/penyembuhan. Jika kucing sakit, otomatis mereka nggak nafsu makan. Bisa diberikan makanan basah melalui suntikan tanpa jarum langsung ke mulutnya, lewat samping mulut agar tidak tersedak. harus banyak minum agar tidak dehidrasi,” katanya.

Sebagai orang yang sudah lama berkecimpung di dunia kucing, ada beberapa tips dari Manin bahwa ada vitamin yang dibutuhkan kucing, dengan harga ramah kantong. Bisa jadi hal tersebut juga termasuk suplemen, misalnya Vitamin Bisolvon, di mana di dalamnya ada kandungan yang dibutuhkan semua jenis kucing peliharaan, omega 3+6 dan imun booster.

Baca juga: Mitos Fakta Kucing Tiga Warna

"Untuk menekan angka pengeluaran, sebisa mungkin pemilik kucing harus sigap akan kondisi kucingnya. salah satu nya dengan pengamatan terhadap peliharaan itu sendiri. misal hewan sakit flu dan batuk, bisa loh dengan memberikan obat khusus manusia namin dengan dosis yang tepat," jelasnya.

Hal yang penting dari upaya menambahkan suplemen kucing, yaitu membantu membasmi jamur, ketombe dan scabies. Selain itu mengurangi kerontokan serta membuat bulu lebih lebat.

Di masa pandemi menurutnya semua virus bisa menjadikan peliharaan sebagai perantara, meskipun bukan secara langsung, namun menjaga kebersihan dan kesehatan kucing setidaknya dapat menghindarkan dari penyakit-penyakit disebabkan oleh bakteri dan virus.

"Saya kasih bisolvon sirup, saya berikan 1ml duakali sehari setelah pemberian makanan basah, sejam kemudian saya berikan antibiotik yusimox sebanyak 0,5ml dua kali sehari. Untuk vitaminnya saya ada imboost sirup 1ml cukup satu atau dua kali sehari," tutupnya.

Related News