• 29 March 2024

Cukupi Nutrisi Kucing Kesayanganmu

uploads/news/2021/08/cukupi-nutrisi-kucing-kesayanganmu-72288dd60c331b6.jpg

"Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang membutuhkan protein dalam jumlah yang besar"

JAKARTA - Faktor penting yang harus terpenuhi supaya kucing peliharaan selalu sehat adalah kasih sayang dari sang pemilik, dan juga makanan yang kaya nutrisi sesuai kebutuhan si kucing. Tak diragukan lagi para pemilik kucing pasti melimpahkan kasih sayang pada kucing peliharaannya. Bentuk kasih sayang ini biasanya dilakukan pemilik dengan cara sering mengajak kucing peliharaannya bermain, mengelus-elus si kucing, maupun memberikannya makan secara rutin. 

Selain kasih sayang yang cukup, kebutuhan nutrisi juga salah satu faktor penting untuk kesehatan sang anabul. Dita, Pecinta kucing sekaligus pemilik Rumah Kucing Parung yang tinggal di Jalan Pasir Naga, RT 01/RW 07, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat ini memberikan tips khusus untuk sahabat tani cara agar tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi guna menjaga kesehatan kucing.

Baca juga: Perhatikan Kucing di Masa Pandemi

"Kalau untuk kesehatan kucing dari zaman sebelum pandemi sampai saat ini sih tak ada perbedeaan cara mengurusnya. Tetap yang utama adalah kesehatan dan kebersihan. Vitamin pasti ada dan itu selalu diberikan setiap hari, minimal vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh nya supaya tidak gampang sakit dan untuk yang sakit pasti ada obat-obatan yang diberikan sesuai anjuran dokter," ujarnya.

Dita juga menyampaikan, vitamin dibutuhkan untuk pertumbuhan kucing dan metabolisme tubuhnya makanan kucing mengandung hati, ginjal, ragi dan gandum yang kaya akan vitamin. Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang membutuhkan protein dalam jumlah yang besar. Bahkan dibandingkan manusia dan hewan peliharaan lain seperti anjing, kebutuhan protein pada kucing lebih besar. Jenis makanan mengandung protein yang dapat diberikan pemilik untuk kucing peliharaannya, antara lain ikan, daging, dan telur.

Baca juga: Tips Merawat Anak Ayam Bangkok

"Saya lebih cenderung memakai obat herbal karena lebih aman untuk pemakaian jangka panjang. walaupun tetap ada antibiotik yang biasa diberikan ke kucing apabila memang diperlukan. untuk harga obat saya juga cenderung memakai yang harganya standar karena disini saya harus bisa mengatur  biaya operasional mengingat kcuing yang saya urus banyak sekali ya," jelasnya.

Pada dasarnya jumlah atau banyaknya asupan makanan yang mengandung protein, mineral, lemak, vitamin, dan air yang dibutuhkan kucing dipengaruhi oleh faktor usia, bobot, dan juga kondisi kucing.

Related News