• 20 April 2024

Mitos Makan Mentimun saat Haid

Ada banyak isu menyatakan bahwa perempuan sebaiknya menghindari makan mentimun saat sedang datang bulan. Benarkah demikian?

Banyak sekali informasi simpang siur mengenai kesehatan perempuan. Salah satunya mitos yang menyatakan bahwa makan timun saat perempuan sedang datang bulan bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim dan memicu kanker ovarium.

Dr. Fina Purwaningtyas, dokter umum dan Direktur dari RSIA Permata Hati Malang, Jawa Timur mengatakan, anggapan tersebut dinyatakan tidak benar dan hanyalah mitos belaka. Secara medis, tidak ada larangan untuk mengonsumsi timun saat perempuan sedang datang bulan. Penelitian membuktikan makan mentimun tidak terbukti membuat darah haid tersisa di dinding Rahim.

“Boleh saja mengonsumsi timun saat sedang haid dan dari mengonsumsi timun tidak akan menyebabkan kanker. Namun beberapa orang ada yang efeknya dapat meningkatkan produksi lendir yang berlebih,” kata alumnus Universitas Brawijaya 2004 itu kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Petani Milenial Sukses Panen Timun

Jika perempuan sedang haid, kata Fina, timun aman untuk dikonsumsi. “Sebenarnya lendir yang berlebih tersebut tidak berbahaya ya. Hanya saja, biasanya jadi tidak nyaman. Pada intinya, saat sedang haid boleh mengonsumsi mentimun,” ungkapnya.

Timun mengandung 95 persen air. Perempuan yang sedang haid bagus bila mengonsumsi timun sebab kandungan air yang cukup tinggi ini dapat membantu mencegah dehidrasi. Karena ketika sedang haid, banyak darah yang dikeluarkan oleh tubuh. Untuk itu tubuh memerlukan cukup kadar air agar tubuh tidak lesu.

Baca juga: Menanam Timun di Pekarangan Rumah

Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti mentimun, plum, semangka, dan jeruk, justru baik dikonsumsi selama datang bulan, Hal ini dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Timun juga bahkan kaya akan beta karoten, mangan, vitamin C, serta beberapa antioksidan flavonoid. Berkat banyaknya nutrisi yang ada di dalamnya, mentimun memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Mentimun dapat mencegah dehidrasi, mengontrol kadar gula darah, memelihara kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Sebetulnya semua sayur pada prinsipnya boleh dikonsumsi. Tapi, karena saat haid sering terjadi penimbunan gas, sebaiknya Sahabat Tani menghindari sayur kubis, nangka muda dan daun singkong,” tutupnya.

Baca juga: Senyum Sumringan Petani Mentimun Bogor

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa Saat Haid

Related News