• 20 September 2021

Hewan-Hewan Paling “Ngejreng” di Dunia

uploads/news/2021/07/hewan-hewan-paling-ngejreng-di-dunia-46920686c67e3f8.jpg
SHARE SOSMED

"Biasanya hewan yang berwarni-warni bukan berasal dari golongan mamalia seperti manusia, melainkan dari golongan burung, ikan, dan reptil"

JAKARTA – Hewan di dunia ini memang banyak jenisnya ya, Sahabat Tani. Beragam hewan unik mulai dari bentuk, ukuran, sampai warnanya yang cantik mampu membuat kita terpesona oleh keunikannya. Beberapa hewan hanya memiliki satu atau dua warna, namun ada juga yang berwarna-warni. Biasanya hewan yang berwarni-warni bukan berasal dari golongan mamalia seperti manusia, melainkan dari golongan burung, ikan, dan reptil. Berikut beberapa hewan yang memiliki warna mencolok dan unik.

Katak Panah Biru

Katak panah biru (Dendrobates tinctorius azureus), katak beracun yang tinggal di hutan tropis Kosta Rika dan Brasil ini adalah salah satu hewan paling berwarna di bumi dengan beragam corak memesona, seperti biru, kuning, emas, tembaga, merah, hijau dan hitam. Katak ini menggunakan mekanisme aposematic melalui pancaran warna tubuhnya. Dengan warnanya yang sangat mencolok ini, mereka menunjukkan kalau dirinya berbahaya pada predator. Usut punya usut, warna cerahnya mempunyai keterkaitan dengan toksisitas dan kadar alkaloid. Semakin cerah warna kulitnya, maka katak ini akan semakin beracun.

Baca juga: Rahasia Mengejutkan dari Ikan Nanas

Bunglon Panther

Bunglon panther (Furcifer pardalis) merupakan salah satu hewan peliharaan populer di Dunia. Ia memiliki lebih dari 160 varian yang tersebar di Arika, Madagaskar dan beberapa wilayah Eropa, Asia dan juga Amerika. Warna tubuhnya yang sangat bervariasi membuat banyak orang menyukai reptil satu ini. Uniknya, warna-warni di tubuhnya yang indah dapat berubah dalam rentang waktu 20 detik menyesuaikan lingkungan, suhu, dan suasana hati sebagaimana ia termasuk dalam keluarga bunglon pada umumnya yang mampu merubah warna menyesuaikan lokasi yang ia tempati.

Baca juga: Lepu, Cantik-Cantik Mematikan

Ikan Mandarin

Ikan mandarin (Synchiropus splendidus), ikan air asin yang berasal dari laut Pasifik ini merupakan ikan paling cemerlang dengan rona biru disertai warna hijau, jingga, dan kuning. ikan mandarin memiliki warna-warna cerah yang menyelimuti sekujur tubuhnya. Ia memiliki corak yang cukup unik yang terlihat seperti membentuk pola batik dengan warna primer, sedangkan beberapa jenis lain berwarna hijau muda dengan motif polkadot.

Baca juga: Ganasnya Belut Listrik di Amazon

Burung Lilac

Burung ini terkenal dengan penampilannya yang mempesona dengan warnanya yang begitu indah. Mereka memiliki kepala besar berwarna hijau dengan paruh tebal melengkung, dagu dan sekitar mata berwarna putih, leher pendek, kaki kuning kehijauan yang kecil dan agak pendek. Punggung burung ini memiliki bulu berwarna coklat, dengan warna ungu di bagian luar sayap dan dekat ekor. Karena warnanya yang beragam, Lilac Breasted Roller juga dikenal dengan nama “rainbow roller”. Burung ini memang umumnya terlihat dalam 8 warna seperti pelangi, di antaranya hijau, putih, hitam, kuning, biru kehijauan, biru tua, coklat kemerahan, dan ungu.

Baca juga: Mengenal Ikan Tercantik di Dunia

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App