• 20 September 2021

Mengenal Ikan Tercantik di Dunia

uploads/news/2021/07/mengenal-ikan-tercantik-di-7420133878b7d92.jpg
SHARE SOSMED

"Penamaan Mandarin Fish ternyata juga berkaitan dengan warna ikan yang menyerupai jubah sutera milik Kaisar Tiongkok. Ada warna hijau, biru, kuning, ungu dan jingga, perpaduan warna yang terlihat mahal dan berbeda dari ikan – ikan lainnya"

JAKARTA – Ada jutaan makhluk yang hidup di lautan. Ratusan bahkan ribuan biota laut yang hidup ini, tak sedikit memiliki keindahan yang sangat mempesona, salah satunya dari warna tubuh mereka yang cukup memanjakan mata manusia.

Nah, Mandarin fish atau biasa dikenal sebagai ikan mandarin adalah salah satunya. Ikan mandarin merupakan salah satu penghuni lautan yang sangat cantik dan memiliki warna yang indah. Ikan yang bernama latin Synchiropus splendidus, adalah ikan mungil yang yang bercorak cerah dan warna warni, yang masuk dalam familia dragonet.

Ikan mandarin memiliki tubuh memanjang dengan dua sirip punggungnya. Panjang ikan mungil ini, hanya mencapai sekitar 6 cm saja. Ikan mandarin biasa makan krustacea kecil dan hewan invertebrata lainnya.

Baca juga Lepu, Cantik-Cantik Mematikan

Fakta uniknya nih, ikan mandarin memiliki garis-garis warna hijau, jingga, dan kuning, dengan warna biru yang dominan menyelimuti sekujur tubuhnya. Ia memiliki corak yang cukup unik disertai warna-warnanya yang cerah. Terlihat seperti membentuk pola batik dengan warna primer, sedangkan beberapa jenis lain berwarna hijau muda dengan motif polkadot. Ada pula yang kombinasi coklat putih sehingga tersamar jika sedang ‘berjalan’ di antara karang-karang .

Penamaan Mandarin Fish ternyata juga berkaitan dengan warna ikan yang menyerupai jubah sutera milik Kaisar Tiongkok. Ada warna hijau, biru, kuning, ungu dan jingga, perpaduan warna yang terlihat mahal dan berbeda dari ikan – ikan lainnya.

Karena memiliki tubuh yang mampu menyamar tersebut, hidupnya seperti main ‘petak-umpet’ di antara susunan terumbu karang yang penuh celah. Ikan ini mencari makan dengan cara sibuk menghindari ikan besar pemangsanya. Karena hobi bermain petak umpet, ikan Mandarin hanya keluar untuk mencari makan di pagi dan malam hari saja.

Baca juga Hiu Hantu, Penghuni Kedalaman Laut

Dan karena keunikan warna yang dimiliki tubuhnya ini, banyak para pehobi ikan hias yang tertarik untukmemeliharanya. Bahkan usaha untuk membudidayakannya pun sudah dilakukan oleh pemerintah di balai budidaya air laut di Ambon, Maluku. Tujuannya, untuk mencegah ikan cantik dengan warna-warni yang beragam ini menjadi punah karena overfishing yang tidak terkontrol seringkali terjadi. Karena kecantikannya, ikan mandarin juga dijadikan sebagaik ikon pariwisata internasional.

Hebatnya lagi, Ikan mandarin tidak memiliki sisik loh, sahabat tani. Namun sebagai gantinya, mereka memiliki lendir yang melapisi tubuhnya. Lendir ini beracun dan berfungsi untuk melindunginya dari para predator. Tidak hanya beracun, lendir ini memiliki bau yang tidak sedap.

Baca juga: Rahasia Mengejutkan dari Ikan Nanas

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App