• 20 September 2021

Rahasia Mengejutkan dari Ikan Nanas

uploads/news/2021/06/rahasia-mengejutkan-dari-ikan-71763411eee4fbc.jpeg
SHARE SOSMED

"Ikan berwarna kuning cerah ini memiliki tubuh yang ditutupi sirip keras berbentuk piringan berduri dengan garis tepi berwarna hitam"

JAKARTA - Biota laut sangat beragam jenisnya, bahkan di antara ribuan jenis tersebut, ada saja yang berjenis unik dan menggemaskan. Misalnya saja Pinecone Fish atau disebut sebagai ikan "nanas".

Ikan ini adalah salah satu spesies yang hidup di perairan dalam 100 meter dan suka dengan kegelapan. Yang unik dari ikan ini adalah, Pinecone memiliki bentuk tubuh yang sangat unik, dengan ukuran badan kurang lebih 10 sentimeter dan ukuran maksimal badannya hanya mencapai 30 sentimeter. Ikan Pinecone ini, seluruh badannya punya garis berwarna hitam dan kuning, persis dengan bentuk buah nanas. Uniknya lagi di ikan ini satu-satunya biota yang punya motif hingga kepala.

Baca juga: Lele phyton, Sang Jawara Banten

Ikan pinecone ditemukan di Indo-West Pacific Ocean, termasuk di Laut Merah, di sekitar Afrika Selatan dan Mauritius, Indonesia, Jepang Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Mereka lebih suka daerah dengan terumbu karang, gua, dan batu.

Ikan berwarna kuning cerah ini memiliki tubuh yang ditutupi sirip keras berbentuk piringan berduri dengan garis tepi berwarna hitam. Matanya yang besar membantunya melihat didalam gelap dan organ di bawah mulutnya dapat memendarkan cahaya. Mereka memiliki organ penghasil cahaya di setiap sisi kepala mereka. Ini dikenal sebagai photophores, dan mereka menghasilkan bakteri simbiosis yang membuat cahaya terlihat. Cahaya ini dihasilkan oleh bakteri bernama luminescent.

“Dikarenakam hidup di perairan Jepang yang dingin, maka saat ikan nanas masuk ke dalam aquarium suhu di dalamnya harus disesuaikan yakni sebesar 20 derajat. Makanannya adalah Zooplankton,” kata Nana sebagai education guide Seaworld.

Baca juga: Misteri Penyakit Kulit Hiu Karang

Ikan yang memiliki nama latinnya Monocentris japonica ini, di dalam mulutnya terdapat bioluminescent, yaitu jenis bakteri yang bisa menyala di dalam kegelapan. Sehingga saat malam hari, bakteri tersebut akan menyala untuk memancing mangsa.

“Ikan nanas ini sebenarnya lebih banyak beraktivitas di malam hari, Ikan ini juga unik karena punya duri di punggunnya sekitar 3-7, duri itu akan muncul saat tubuhnya terasa terancam,” tambahnya.

Selain itu, ikan nanas juga dikenal dengan sebutan ikan ksatria atau ikan mantel-of-mail, karena sisik seperti baju besi menutupi tubuhnya. Spesies ini tidak menjadi sasaran perikanan, tetapi sering diambil oleh kapal komersial.

Baca juga: Budidaya Lele Bule yang Menggiurkan 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App