• 20 September 2021

Lepu, Cantik-Cantik Mematikan

uploads/news/2021/06/lepu-ikan-cantik-yang-261197a797c4db9.jpeg
SHARE SOSMED

"Jangan terkecoh dengan kecantikannya, karena jika racun ini masuk ke dalam tubuh manusia, dalam waktu tiga jam, racun ini bisa menyebabkan kelumpuhan dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian"

JAKARTA - Sahabat Tani pernah mendengar nama ikan Lepu Ayam? Ikan ini banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis dan subtropis, terutama di perairan Laut Hindia, Pasifik Selatan, dan Laut Merah.

Karena tubuhnya yang cantik, ikan lepu ayam seringkali dijadikan sebagai ikan hias. Namun, di balik cantiknya ikan ini, ia bisa sangat berbahaya loh. Hal ini karena ikan lepu ayam memiliki racun yang bisa menyebabkan kematian. Racunnya terdapat di bagian duri yang ada di tubuhnya.

Ikan lepu ayam atau Pterois volitans dikenal dengan nama ikan lapu-lapu atau ikan lepu ayam, memiliki banyak nama panggilan diantaranya turkey fish, dragon fish, scorpion fish, ornate butterfly-cod, firefish, red lionfish, dan zebrafish.

Baca juga: Rahasia Mengejutkan dari Ikan Nanas

“Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang maksimal sampai 30 sentimeter. Dan uniknya, ikan ini mampu bertahan hidup hingga 16 tahun lamanya,” ungkap Nana sebagai education guide Seaworld saat ditemui oleh reporter Jagadtani.id.

Dengan warna tubuhnya yang cantik, Lepu Ayam mampu menyamarkan diri dengan baik diantara terumbu karang. Jika ada mangsa yang mendekatinya, Lepu Ayam akan segera memojokkan sang mangsa dengan hantaman sirip cantiknya, yang ternyata siripnya ini memiliki banyak sekali racun berbahaya loh, sahabat tani. Tidak hanya cantik, duri-duri yang ada di punggunnya ini memiliki sengatan yang sangat berbahaya.

“Jika dilihat, duri-duri Lepu Ayam ini sangat indah. Namun, jika ia sedang merasa terancam, duri-duri indah ini akan berubah menjadi berbahaya dan memiliki sengatan yang mematikan. Bahkan ikan ini terkenal sebagai salah satu ikan paling mematikan di dunia,” tambahnya.

Baca juga: Misteri Penyakit Hiu Ikan Karang

Jangan terkecoh dengan kecantikannya, karena jika racun ini masuk ke dalam tubuh manusia, racun ini akan menyebabkan kenaikan denyut jantung, hipertensi, dan mati rasa. Dalam waktu tiga jam, racun ini bisa menyebabkan kelumpuhan dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian. Seram sekali bukan?

Lebih lanjut Nana menjelaskan, duri yang ada di tubuh ikan lepu terdapat pada bagian kepala dan punggungnya. Namun, duri yang beracun berada di punggung dan siripnya. Dan bila kita lihat secara sekilas, sirip berduri ikan lepu ini terlihat seperti bentuk kipas.

Ikan ini memakan krustasea dan ikan-ikan kecil yang hidup di karang. Ikan lepu ayam hidup di daerah terumbu karang dengan kedalaman laut 20 hingga 50 meter.

Baca juga: Budidaya Udang Masih Sangat Potensial

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App