• 6 December 2021

Makanan untuk Mengatasi Rasa Rindu

uploads/news/2021/10/makanan-untuk-mengatasi-rasa-13351b1a7787404.jpg
SHARE SOSMED

Selain bisa mengakibatkan stres, ketika rindu sedang merajalela bukan tidak mungkin tubuh kita jadi ikut merasa lesu, letih dan tidak bersemangat.

Beberapa orang mengatakan, jatuh cinta itu berjuta-juta rasanya. Sebagian orang juga mengatakan, jatuh cinta itu seperti naik rollercoaster, rasanya seperti terombang-ambing tak menentu.

Namun, ketika sedang dilanda perasaan jatuh cinta ada kalanya rindu menggeluti seseorang. Rasa rindu biasanya datang saat ada jarak yang memisahkan. Mungkin Sahabat Tani menganggap munculnya rasa rindu adalah sesuatu yang wajar, namun menahan perasaan tersebut rupanya berbahaya, loh.

Saat seseorang jatuh cinta, tubuhnya akan memproduksi berbagai macam hormon seperti estrogen, testoteron, dopamin, serotonin, dan oksitosin. Sebaliknya, saat seseorang merasakan rindu, produksi hormon-hormon tersebut akan berkurang. Saat hormon tersebut berkurang, saat itulah keinginan untuk selalu bertemu akan semakin menggebu-gebu.

Baca juga: Fakta Ibu Hamil Mengonsumsi Nanas

Hormon dopamin yang berkaitan dengan rasa bahagia, sakit, dan hasrat untuk bersama dengan orang yang dicintai akan meningkat saat sedang merasakan rindu. Hormon dopamin tersebut berkaitan dengan hormon serotonin sebagai pengendali stres, nafsu makan, dan suasana hati. Ketika hormon-hormon tersebut berkurang akibat rasa rindu, maka akan muncul perasaan lain seperti kehilangan semangat karena Sahabat Tani harus terpisah jarak dengan seseorang yang dirindukan.

Saat rasa rindu mulai dirasakan, hormon serotonin akan mendominasi dan membuat rasa tidak bahagia dan bahkan bisa membuat Sahabat Tani jadi stres karena memikirkan orang tersebut. Selain bisa mengakibatkan stress, ketika rindu sedang merajalela bukan tidak mungkin tubuh kita jadi ikut merasa lesu, letih dan tidak bersemangat.

Baca juga: Rekomendasi Buah-buahan Untuk Asam Lambung

Semangat yuk, Sahabat Tani. Untuk mengatasi lesu dan letih karena rindu dengan seseorang, ada beberapa makanan yang bisa membuat Sahabat Tani kembali bersemangat, nih. Salah satunya adalah buah-buahan.

“Beberapa buah yang bagus untuk mengatasi letih dan lesu adalah semangka, mangga, jeruk, apel, kurma, strawberry dan pisang. Buah-buah tersebut merupakan buah yang gampang dicari atau gampang ditemukan dan bisa membangkitkan semangat,” kata Dr. Ahmad Fauzi, dokter umum di RS Aqidah, Kota Tangerang, Banten, kepada Jagadtani.id melalui pesan singkat.

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

Alumnus Universitas Muhammadiyah Jakarta 2016 ini mengatakan, kandungan dari buah-buahan tersebut dapat mempengaruhi hormon-hormon didalam tubuh yang sedang bekerja. “Buah-buah tersebut kaya akan vitamin C dan juga vitamin A. Vitamin C ini untuk penambah stamina dan vitamin A untuk penambah darah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, sayur-sayuran juga bisa menjadi solusi lainnya agar Sahabat Tani terhindar dari rasa letih dan lesu. “Bisa juga dengan sayur-sayuran, misalnya pokcoy, kangkung, bayam, baby kalian, terong, timun. Sayur-sayuran tersebut banyak mengandung antioksidan. Dan kalau tidak ada riwayat asam urat, sayur-sayur hijau itu bagus dikonsumsi,” tambahnya.

Sahabat Tani juga bisa melakukan beberapa kegiatan menyenangkan untuk mengobati rasa rindu yang dirasa terlalu berat, misalnya seperti rutin melakukan olahraga. “Solusi lainnya, lakukan olahraga 3-4 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga dengan durasi 15-20 menit,” tutupnya.

Baca juga: Mitos Makan Mentimun saat Haid

Related News