• 20 April 2024

Fakta Ibu Hamil Mengonsumsi Nanas

uploads/news/2021/10/fakta-ibu-hamil-mengonsumsi-84770d4c7706a39.jpg

Sahabat Tani tentu seringkali mendengar berbagai mitos untuk ibu hamil, salah satunya mengenai larangan mengonsumsi buah nanas.

Buah nanas merupakan buah yang tumbuh subur dan sangat mudah di dapatkan di area beriklim tropis, seperti Indonesia. Rasanya yang asam dan segar membuat buah ini disukai banyak orang.

Buah dengan kulitnya yang tajam ini, kaya akan kandungan gizi dan vitamin. Namun, nanas juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga kandungan tersebut yang menyebabkan adanya larangan makan nanas bagi ibu hamil karena akan berdampak buruk bagi kesehatan janin. Terlepas dari fakta tersebut, apakah benar ibu hamil dilarang makan nanas?

Baca juga: Rekomendasi Buah-buahan untuk Asam Lambung

Menurut Verury Verona Handayani, dokter umum di RSK Rawamangun Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, nanas sebenarnya merupakan buah yang sangat menyehatkan bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya saja, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak karena bisa menyebabkan diare.

“Kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam nanas diduga dapat membantu melunakkan leher rahim dan memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil. Dengan begitu, proses persalinan bisa berlangsung dengan lancar,” jelasnya.

Baca juga: Mitos Makan Mentimun saat Haid

Selain itu, dengan mengonsumsi nanas ibu hamil bisa mendapatkan kulit yang cantik karena vitamin C terkandung didalamnya dapat membantu tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah yang lebih.

“Tidak ada salahnya mengonsumsi buah nanas saat hamil. Kandungan didalam buah nanas memiliki nutrisi yang lengkap untuk kesehatan ibu dan janin,” tambahnya.

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

Buah nanas aman dikonsumsi selama dimakan oleh ibu hamil sesuai takarannya. Takaran masing-masing ibu hamil tentu saja berbeda. Jadi, Verury menyarankan untuk takaran mengonsumsi buah nanas sebaiknya di sesuaikan dengan kondisi kehamilan. Jika mengonsumsi berlebihan, kandungan bromelain pada nanas dapat memicu terjadinya kontraksi. Jika kontraksi terjadi pada saat yang tidak tepat, nanas bisa saja menyebabkan bayi lahir prematur atau bahkan mengalami keguguran.

“Jadi, jangan mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan di awal kehamilan. Saat hamil boleh saja makan nanas karena banyak nutrisinya. Bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi nanas, dianjurkan untuk mengonsumsi nanas yang masih segar. Hindari mengonsumsi nanas dalam bentuk jus atau minuman kaleng, tutupnya.

Baca juga: Mitos Daun Kelor Pengusir Jin

Related News