• 6 December 2021

Rekomendasi Buah-buahan Untuk Asam Lambung

uploads/news/2021/10/rekomendasi-buah-buahan-untuk-asam-85691052684fa82.jpg
SHARE SOSMED

Tidak semua jenis buah aman untuk dikonsumsi bagi kalian yang memiliki penyakit asam lambung. Ada beberapa jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi agar tidak memperparah asam lambung.

Penyakit asam lambung atau GERD ditandai dengan gejala berupa munculnya rasa terbakar di dada atau ulu hati. Kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya kesulitan menelan, mengalami mual, hingga muntah.

Untuk Sahabat Tani yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Hal ini karena ada beberapa jenis makanan yang bisa memperburuk kondisi asam lambung dan mengakibatkan nyeri yang cukup menyakitkan. Nah, salah satu jenis makanan yang dianjurkan dan baik dikonsumsi adalah buah-buahan.

Sudah tidak dipungkiri, buah-buahan memang mengandung banyak sekali vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Sahabat Tani? tidak semua jenis buah aman untuk dikonsumsi bagi kalian yang memiliki penyakit asam lambung.

Menurut Dr. Verury Verona Handayani, General Practitioner di RSK Bedah Rawamangun, Jakarta Timur, beberapa buah asam perlu dihindari untuk menghindari kenaikan asam lambung agar tidak parah.

“Beberapa buah yang perlu dihindari yaitu buah-buahan yang memiliki rasa asam. Buah sitrus perlu dihindari misalnya seperti lemon, jeruk, grapefruit, jeruk nipis, dan buah clementine,” kata alumnus Universitas Diponegoro itu.

Baca juga: Mitos Makan Mentimun saat Haid

Meski demikian, ada beberapa buah lainnya yang aman dikonsumsi oleh Sahabat Tani yang memiliki riwayat penyakit asam lambung. Beberapa jenis buah yang aman dan bisa dipilih menjadi camilan sehat.

APEL

Apel mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin A, C, D, dan B. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium. Beragam kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan bisa membantu menenangkan perut pada pengidap penyakit asam lambung.

PISANG

Pisang cenderung aman dan memiliki kandungan senyawa yang berfungsi melawan asam. Pisang memiliki kandungan kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan sehingga mengurangi refluks asam lambung.

MELON

Buah melon sangat aman dikonsumsi untuk asam lambung. Seperti pisang, melon juga merupakan buah yang mengandung basa, sehingga bisa melawan asam.

Baca juga: Mengonsumsi Air Kelapa saat Haid

PEPAYA

Pepaya bisa jadi salah satu buah pilihan. Buah ini mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan.

SEMANGKA

Semangka dikenal sebagai buah yang segar dan mengandung banyak air. Jenis buah ini ternyata juga aman dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung. Dalam satu buah semangka, terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Semangka juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dan bisa menetralkan asam lambung.

Baca juga: Kol Goreng, Lezat tapi Berbahaya

Related News