• 27 April 2024

Mendukung Hewan Bebas Rabies

uploads/news/2021/09/mendukung-hewan-bebas-rabies-61714fcd455d92c.jpg

Memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor melaksanakan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan.

Vaksinasi hewan merupakan salah satu tindakan pencegahan agar hewan peliharaan terlidung dari penyakit tertentu. Seperti pemberian vaksin rabies yang digunakan untuk mencegah penyakit rabies.

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Graha Pena Radar Bogor, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, ini diperuntukkan bagi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, musang dan kera.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah yang membuka kegiatan itu mengapresiasi atas terselenggaranya vaksinasi rabies gratis bagi hewan, khususnya bagi Radar Bogor, komunitas Bogor Sahabat (Bobat) dan relawan Bogor Untuk Indonesia.

Baca juga: Cegah Penularan Rabies dengan Vaksin

Menurutnya, kegiatan vaksinasi ini menjadi bagian dalam mendukung Bebas Rabies tahun 2030. Kota Bogor sendiri selama tiga tahun terakhir mulai 2018 sudah bebas rabies. Dalam catatan, kata Syarifah, ada 2.500 warga Kota Bogor yang memiliki hewan peliharaan. Ia pun mengharapkan penyuntikan vaksin rabies rutin dilaksanakan setiap tahun oleh DKPP Kota Bogor.

"Hewan peliharaan memang harus rutin di vaksinasi agar tidak membahayakan, karena tidak sedikit kasus anak-anak meninggal akibat kena rabies. Ini menjadi salah satu langkah antisipasi sehingga hewan peliharaan bebas rabies dan masyarakat juga tenang dalam memelihara hewannya,” katanya, Sabtu (25/9).

Baca juga: Vaksinasi Rabies Gratis di Jaksel 

DKPP Kota Bogor menyediakan 450 dosis vaksin dengan 350 yang hewan peliharaan yang siap disuntik vaksin. Dengan hal ini, dikatakan Syarifah, animo dan kesadaran masyarakat untuk membuat hewan peliharaannya sehat serta pada akhirnya kebaikan untuk pemeliharanya.

Salah satu fungsi dari memelihara hewan peliharaan dapat membantu pemiliknya untuk menstimulasi dan meningkatkan hormon kebahagiaan, sehingga dapat mengurangi stres dalam menghadapi kondisi sehari-hari, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Syarat Hewan Mengikuti Vaksin Rabies

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Bogor, Anas Rasmana mengatakan, untuk mendukung kegiatan vaksinasi gratis rabies ini melibatkan 15 dokter hewan dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Selain vaksinasi rabies dan pemberian vitamin, juga ada ruang untuk konsultasi tentang perawatan hewan.

"Kegiatan hari ini tidak hanya vaksin, kami juga menyediakan obat-obatan dan vitamin gratis bagi hewan peliharaan. Selain itu juga ada konsultasi bagi para pemilik hewan peliharaan dalam merawat hewannya," kata Anas menandaskan.

Baca juga: Ini Bahaya Mengonsumsi Daging Anjing

Related News