• 26 October 2021

Syarat Hewan Mengikuti Vaksin Rabies

SHARE SOSMED

Dosis vaksin rabies diberikan kepada 218 ekor hewan. Targetnya, sebanyak 6800 dosis vaksin akan diberikan untuk seluruh hewan peliharaan yang telah ditetapkan jenisnya.

Dalam mempertahankan lingkungan bebas rabies, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat program memvaksinasi rabies gratis kepada seluruh masyarakat Jakarta yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera dan musang. Di daerah Jakarta Selatan, vaksinasi dibuka dari 15 September sampai 30 September 2021.

Sebagai dokter hewan, drh. Kurniati Odilia menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi hewan peliharaan untuk mendapatkan layanan vaksin rabies gratis. “Yang pasti sehat, tidak menunjukan gejala sakit seperti pilek, batuk, diare. Kemudian tidak hamil dan umurnya minimal 4 bulan,” jelas Odilia, kepada Reporter Jagadtani.id, saat ditemui di Kantor Kelurahan Petukangan Selatan, Kota Jakarta Selatan.

Baca juga : Cegah Penularan Rabies dengan Vaksin

Lebih lanjut, Odilia menerangkan, “kalau baru melahirkan kita harus menunggu sampai sebulan baru bisa vaksin, karena saat melahirkan kondisi badan nggak fit jadi perlu mengumpulkan tenaganya kembali selama kurang lebih satu bulan,” terangnya.

Windarsih, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan mengatakan program vaksinasi rabies gratis ini guna untuk menghidupkan keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Jakarta Selatan bebas rabies.

Winda menambahkan vaksin rabies di seluruh wilayah Kelurahan Jakarta Selatan berlangsung hingga akhir September. Adanya program ini tentu mendapat respons baik dari warga Kelurahan Pesanggrahan. Dosis vaksin rabies diberikan kepada 218 ekor hewan. Targetnya, sebanyak 6800 dosis vaksin akan diberikan untuk seluruh hewan peliharaan yang telah ditetapkan jenisnya.

Perlu dicatat, bagi warga yang ingin mendaftarkan hewan peliharaannya harus memiliki KTP asal Jakarta. Jumlah hewan yang akan divaksin pun tidak dibatasi sehingga dengan 1 KTP, sahabat tani bisa memvaksinkan 4 hewan peliharaan sekaligus.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di empat wilayah Jakarta lainnya seperti Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Faktanya, vaksin rabies juga diperlukan untuk manusia. Namun imunisasi tersebut diperuntukkan untuk dosis hewan. Sehingga harus disesuaikan terlebih dahulu kegunaannya.

“Adanya vaksin ini, kami harap Jakarta bisa bebas rabies. Selain di Jakarta, nantinya wilayah lain juga diharapkan bisa mengikuti langkah ini sebagai bentuk pencegahan dan menyelamatkan baik itu warga daan juga hewan peliharaannya,” tutupnya.

Baca juga : Vaksinasi Rabies Gratis di Jaksel

Related News