• 26 October 2021

Vaksinasi Rabies Gratis di Jaksel

SHARE SOSMED

Pelaksanaan vaksinasi rabies di 7 wilayah kota Jakarta Selatan berlangsung dari 15-30 September 2021.

TANGERANG – Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan mengadakan vaksin rabies gratis kepada sejumlah masyarakat yang memiliki hewan peliharaan. Pada 15 September 2021 vaksin pertama kali di bulan ini dilaksanakan di Kecamatan Pesanggrahan, Kantor Kelurahan Petukangan Selatan, Kota Jakarta Selatan.

Sejumlah warga antusias ikut meramaikan program tersebut dengan mendaftarkan hewan peliharaan jenis kucing, anjing, musang dan kera. Kegiatan vaksin rabies gratis diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI untuk menyambut Hari Rabies Sedunia di 5 wilayah Kota dan Kepulauan Seribu. Pada Kota Jakarta Selatan, vaksinasi berlangsung di 7 wilayah, seperti Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Cilandak, Pasar Minggu Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu Kelurahan Cilandak Timur, Tebet dan Mampang Prapatan berlangsung dari tanggal 15-30 September 2021.

Baca juga : Cegah Penularan Rabies dengan Vaksin

Windarsih, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan mengatakan vaksinasi rabies ini dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga 12.00.

“Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik karena kami bekerja sama dengan Lurah Petukangan Selatan untuk menyampaikan kepada warga yang memiliki hewan peliharaan yang sesuai dengan jenis yang telah kita tetapkan,” ucap Winda kepada reporter Jagadtani.id, saat ditemui di Kantor Kelurahan Petukangan Selatan, Kota Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Winda menambahkan, “Memang sebelumnya juga sudah kami laksanakan di bulan-bulan lalu, dan di Kecamatan Pesanggrahan inilah yang kedapatan dosis vaksin terbanyak. Sebab, warganya banyak dan Lurahnya juga bagus dalam menyebarkan informasi,” tambahnya.

Wahyudi, Lurah Petukangan Selatan juga menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diinginkan untuk mencegah rabies.

“Program ini yang kami inginkan, bahwasannya sebagai bentuk pendidikan untuk warga yang memiliki hewan peliharaan. Selain divaksinasi kami juga mengajarkan pemeliharaan hewan yang baik. Terkait hewan yang boleh berkeliaran pun kami sampaikan juga, kami menjaga warga supaya tetap sehat dan bersih lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Baca juga: Perdagangan Daging Anjing Harus Dihentikan

Dr.h. Kurniati Odilia, menjelaskan bahwa, “kita telah menyiapkan 300 dosis vaksin karena kebetulan ini menyambut Hari Rabies Sedunia, kemudian wilayah ini berbatasan dengan daerah penyangga yaitu Tangerang, Banten. Itu mengapa kita sediakan dosisnya agak banyak. Kita juga sebelumnya sudah koordinasi degan daerah penyangga bahwa dinas akan melaksanakan vaksinasi di daerah perbatasan sehingga, bagi wilayah yang berada di luar perbatasan juga bisa ikut memvaksinkan hewan peliharaannya,” tuturnya.

Baca juga: Ini Bahaya Mengonsumsi Daging Anjing

Related News