• 20 April 2024

Manfaat Stroberi Untuk Ibu hamil

uploads/news/2021/07/manfaat-strawberry-untuk-ibu-43793282c7ab678.jpg

"Buah yang memiliki warna merah pekat ini dapat mencegah kecacatan janin pada ibu hamil karena mempunyai kenadungan asam folat di dalamnya"

JAKARTA - Menjadi ibu hamil di masa seperti saat ini merupakan masa-masa yang sulit untuk dilewati. Untuk tetap menjaga kesehatan sang jabang bayi juga sang ibu hal yang paling penting diperhatikan adalah asupan yang bergizi. Stroberi salah satunya.

Buah stroberi merupakan buah yang populer di seluruh dunia. Buah yang satu ini memiliki rasa yang enak dipadu dengan bentuknya yang cantik. Buah stroberi bukan hanya enak dimakan begitu saja, namun juga banyak digunakan sebagai pelengkap kue atau bahkan minuman berupa jus atau sup buah. Buah yang satu ini bisa ditemukan di banyak tempat dengan harga yang cukup murah.

Stroberi menjadi salah satu buah untuk ibu hamil yang direkomendasikan. Kandungannya yang bermanfaat mampu membantu ibu dan janinnya supaya tetap sehat hingga persalinan nanti.

Baca juga: Si Merah Manis dari Pakem

Buah yang memiliki warna merah pekat ini dapat mencegah kecacatan janin pada ibu hamil karena mempunyai kenadungan asam folat di dalamnya. sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi 400 mcg asamm folat setiap hari mampu mengurangi resiko cacat lahir hingga 50%.

Selain mencegah kecacatan pada janin, buah stroberi juga memiliki beragam khasiat lain untuk ibu hamil loh. Berikut khasiat yang bisa sahabat tani dapatkan.

Mencegah Anemia

Stroberi mempunyai kandungan yang mampu mencegah terjadinya anemia pada sang ibu. Buah ini memiliki kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil, yang mampu membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Anemia atau kekurangan darah merah umumnya menjadi alasan kenapa seorang ibu hamil mudah merasa capek dan pusing.

Baca juga: Manfaat Sebenarnya dari Air Kelapa

Sumber Energi

Ada banyak sekali kandungan buah stroberi yang tidak boleh dilewatkan mulai dari antioksidan, beragam vitamin mulai dari vitamin A, B, C, B2, B3, B5 juga B6, asam folat, kalsium, magnesium, potasium, zat besi, seng, sodium juga mineral dan beta karoten. Segala jenis vitamin juga nutrisi tersebut sangat baik untuk menambah sumber energi di dalam tubuh kita.

Menurunkan Tekanan darah

Kandungan kalium dan asam folat pada stroberi ternyata bisa bantu turunkan tekanan darah pada ibu hamil loh sahabat tani. Asam folat merupakan salah satu vitamin penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Bagi ibu hamil mengonsumsi buah stroberi sebanyak 8 buah pada tiap harinya setara dengan pemenuhan asam folat harian 7,5 % dari kebutuhan 400 mikrogram.

Baca juga: Obat Alami Atasi Asam Urat

Menghidrasi Ibu Hamil

Stroberi adalah buah yang kaya air. Nyatanya, 90% dari buah ini adalah air, sehingga mengonsumsinya saat hamil bisa mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Apalagi, saat hamil kebutuhan cairan sahabat tani akan meningkat. Sehingga, mengonsumsi buah yang kaya air sangat penting untuk rutin dilakukan.

Kendalikan Kadar Gula Darah

Jika ibu hamil memiliki diabetes gestasioanl, disarankan untuk mengonsumsi buah ini untuk memperlambat penyerapan gula di usus.

Related News