• 25 April 2024

Manfaat Sebenarnya dari Air Kelapa

uploads/news/2021/07/manfaat-sebenarnya-dari-air-6483325eae575a7.jpg

“air kelapa bukan untuk menyembuhkan pasien positif Covid-19, namun air kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan”

JAKARTA – Tingginya kasus pasien positif Covid-19 bahkan kematian akibat wabah ini membuat pemerintah mengeluarkan peraturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai dari 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Hal ini membuat masyarakat harus berdiam diri dirumah, bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan beribadah dirumah, serta masyarakat harus lebih ekstra untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak terpapar Covid-19.

Bertambahnya kasus positif Covid-19 pun membuat masyarakat berbondong-bondong membeli kebutuhan seperti vitamin, obat, makanan, susu, hingga air kelapa. Sehingga membuat barang yang dicari tersebut langka dan mengalami kelonjokan harga. Karena susu dan air kelapa dianggap dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19.

Baca juga: Obat Alami Atasi Asam Urat

Namun hal itu dibantah oleh para pakar medis, air kelapa bukan untuk menyembuhkan pasien positif Covid-19, namun air kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dokter spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan “kandungan nutrisi pada air kelapa mungkin saja bisa meningkatkan imunitas, tetapi hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat, apalagi obat Covid-19,” melansir dari Antara

Air kelapa mengandung 94% air, 5% karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, 0,02% protein dan sebagian kecil sebagai lemak. Kandungan yang ada pada air kelapa yang sangat menonjol yaitu Vitamin B, B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Dalam vitamin B itu sendiri terdapat proses enzimatik yang didalam tubuh terjadi reaksi kimia pada tubuh yang banyak didukung oleh vitamin B, dan juga air kelapa mengandung kadar elektrolit yang mengandung kalium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua unsur diataslah yang akan mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung didalam tubuh serta dapat membantuh mencegah munculnya penyakit pennyerta (komorbid) seseorang yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh

Air kelapa juga mengandung lauric acid yang ditemukan dalam ASI. Antibakterial dan antimikroba membuat air kelapa menjadi pelindung tubuh dari infeksi. Berikut mafaat dari air kelapa.

Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa dapat membunuh bakteri penyebab infeksi yang banyak terjadi pada sebagaian besar perempuan.

Menjaga Tubuh dari Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan kompilkasi pada kesehatan, mengkonsumsi air kelapa dapat menghilangkan dehidrasi karena air kelapa juga membuang toksin dari dalam tubuh.

Baca juga: Perhatikan Protokol Kesehatan Untuk Petani

Membantu Menurunkan Berat Badan

Air kelapa dapan mengenyangkan namun rendah kalori dan bebas lemak.

Baik untuk kulit

Bagi yang ingin para wanita yang ingin memiliki kulit yang lembut, bersih, dan lembab. Bisa mengkonsumsi air kelapa.

Related News