• 20 September 2021

Perhatikan Protokol Kesehatan Untuk Petani

uploads/news/2021/07/perhatikan-protokol-kesehatan-untuk-308697163b51c7f.jpeg
SHARE SOSMED

“Saat bertani pun harus diperhatikan jarak antar para petani lainnya. Social Distancing atau pembatasan pergerakan adalah salah satu saran yang diberikan oleh pemerintah untuk mencegah luasnya penyebaran virus Covid-19”

JAKARTA - Sahabat tani yang bekerja sebagai petani, maupun menanam sayuran dan buah-buahn di pekarangan rumah, selama pandemi Covid-19 sahabat tani harus lebih ekstra untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, untuk diri sendiri maupun orang lain, baik dirumah maupun dilingkungan sahabat tani bekerja. Pandemi Covid-19 membuat kita untuk lebih bersih, dan sehat. Sahabat tani harus melakukan beberapa hal yang wajib dilakukan setiap harinya agar terhindar dari Covid-19.

Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan dapat membunuh kuman, virus, maupun kotoran lain yang sering menempel di tangan kita saat sedang beraktivitas. Nah, bagi sahabat tani yang sering memegang tanah atau tanaman saat bertani, pastikan sahabat tani selalu mengingat untuk mencuci tangan, serta usahakan menggunakan sarung tangan ketika ingin bertanam.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Ketika bertani pastinya kita akan berkeringat dan wajah terasa kotor, namun hal itu bisa membuat wajah kita terkontaminasi oleh kuman. Seperti mata, hidung, dan mulut yang merupakan tempat masuknya virus kedalam tubuh kita. Jadi selama beraktivitas usahakan jangan sering-sering menyentuh wajah terutama saat tangan sedang kotor. Karena tangan yang kotor lebih memungkinkan kuman dan virus masuk kedalam tubuh kita.

Selalu Menjaga Jarak 

Saat bertani pun harus diperhatikan jarak antar para petani lainnya. Social Distancing atau pembatasan pergerakan adalah salah satu saran yang diberikan oleh pemerintah untuk mencegah luasnya penyebaran virus Covid-19. Sahabat tani harus selalu menjaga jarang dengan orang lain terutama saat beraktivias setidaknya 1 menter.

Baca juga: Ramuan Lawan Covid-19 Varian Delta

Gunakan Masker Ketika Sedang Sakit

Bagi sahabat tani yang sedang merasa tidak enak badan atau sakit seperti batuk dan flu sebaiknya sahabat tani menggunakan masker untuk mencegah penularannya. Dan jika mengalami demam lebih baik sahabat tani tidak beraktivitas seperti biasanya, usahakan dirumah saja hingga keadaan tubuh membaik kembali.

Pastikan Lingkungan Sekitar Bersih

Lingkungan yang biasa kita datangi dan tempati seharusnya sudah dilakukan pembersihan setiap harinya. Agar tidak ada kotoran dan virus yang menempel pada barang-barang yang ada di sekitar. Bersihkan lingkungan area rumah sahabat tani dari sampah maupun kotoran yang memicu penyakit. Sahabat tani bisa menggunakan tisu disinfektan untuk membersihkan meja, kursi, gagang pintu, dan benda-benda lain yang sering disentuh.

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Perbanyak Konsumsi Mineral

 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App