• 19 September 2021

Cegah Dehidrasi, Perbanyak Konsumsi Mineral

uploads/news/2021/07/cegah-dehidrasi-perbanyak-konsumsi-987863a7fb6330b.jpg
SHARE SOSMED

“Air kelapa sangat bagus untuk diminum ketika sedang dehidrasi, sebab kandungan air yang sangat dibutuhkan untuk menyuplai elektrolit dan beberapa karbohidrat”

Jakarta – Di musim yang tak menentu ini, tubuh sangat membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Saat sahabat tani merasa haus, Itu menandakan bahwa ada kemungkinan terkena sedikit dehidrasi.

Dehidrasi muncul ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diambil. Ada banyak hal dapat menyebabkan dehidrasi, termasuk cuaca panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan berlebihan. Gejala yang terjadi seperti merasa ingin pingsan, pusing, haus, lelah, atau mulut kering bahkan tidak fokus.

Baca juga : Mengenal Lili, Sang Ratu Dewa

Faktanya, ada banyak hal yang mengandung lebih dari sekedar air untuk menghindarinya. Bahkan, beberapa makanan dan minuman pun dapat membantu seperti beberapa buah dan sayur-sayuran. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut telah dirangkum melansir dari Health Line khusus untuk sahabat tani yang ingin tahu jenis buah-buahan apa saja yang mengandung air.

Air kelapa

Ketika sahabat tani mengalami dehidrasi, tubuh akan membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, kita perlu mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin.

Elektrolit merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh sebagai fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga jantung berdetak dalam ritme biasa. Beberapa yang jenis elektrolit umumnya ialah Natrium, Calcium, Magnesium dan Potassium.

Rupaya, air kelapa sangat bagus untuk diminum ketika sedang dehidrasi, sebab kandungan air yang sangat dibutuhkan untuk menyuplai elektrolit dan beberapa karbohidrat. Selain itu, air kelapa juga dibutuhkan untuk mencegah kram otot.

Baca juga : Terong Jepang Obati Kanker Usus

Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memiliki kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Lebih lanjut, kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani yang juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewani penting untuk sendi sehat, dimana  sangat penting jika dehidrasi disebabkan oleh kelebihan pencernaan.

Namun, sebenarnya tubuh dapat membuat kolagen dari banyak sumber protein lainnya. Penelitian mengungkapkan, saat membuat kaldu tulang di rumah, perlu diingat bahwa memasaknya selama lebih dari 8 jam meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Kandungan tersebut penting untuk tulang dan otot. Dengan menambahkan sayuran yang berbeda juga meningkatkan nutrisi. 1 cangkir (237 ml) porsi kaldu tulang sapi, mengandung elektrolit Fosfor: 6% dari Potassium: 9% dari Sodium: 21%. Untuk itu, disarankan untuk sahabat tani mengkonsumsi kaldu sup saat mengalami dehidrasi.

Semangka, Honeydew, dan Melon

Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menjadi pilihan yang bagus untuk membuat kita tetap terhidrasi. Ini terutama berlaku untuk buah-buahan seperti semangka, melom jenis cantaloupe. Ini semua memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Menyimpan melon di lemari es dapat membantu mendinginkan anda jika dehidrasi karena cuaca panas. Tak hanya itu, saat mengalami mual sahabat tani dapat membekukan melon dan mengisapnya. Hal tersebut akan lebih mudah dalam mengeluarkan cairannya pada sistem pencernaan saat terjadinya gangguan sakit perut.

Baca juga : Cara Mengurangi Asin Pada Ikan

Smoothie

Smoothie merupakan cara yang sangat mudah disesuaikan untuk mendapatkan lebih banyak cairan ketika sahabat tani mengalami dehidrasi. Bahan-bahannya berupa cairan seperti susu, jus, ditambah segenggam buah-buahan dan sayuran, atau bahkan menggunakan yogurt untuk protein tambahan. Selain itu, dapat menambahkan susu nabati atau bubuk protein susu.

Smoothie berry biasanya mengandung banyak vitamin C baik untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini sangat penting jika dehidrasi sahabat tani disebabkan oleh demam atau infeksi. Namun, jika perut anda sensitif, cobalah menambahkan jahe atau mint ke dalam campuran tersebut. Penelitian telah menunjukkan ini membantu mencegah mual dan mengurangi gangguan pencernaan. Terakhir, tambahkan es untuk membuat smoothie ekstra dingin saat merasa mual. Faktanya makanan dingin cenderung tidak berbau, sehingga membantu menghilangkan rasa mual.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App