• 19 September 2021

Cara Mengurangi Asin Pada Ikan

uploads/news/2021/07/cara-mengurangi-asin-pada-68183245ece3f57.jpg
SHARE SOSMED

"kadang ada beberapa kasus ikan asin yang dibeli di pasaran memiliki rasa yang terlalu asin. Sehingga membuat rasanya tidak nikmat ketika dikonsumsi"

JAKARTA - Sahabat tani suka ikan asin? Ikan asin adalah ikan yang dihasilkan melalui proses pengawetan dengan menggunakan garam. Hal ini bertujuan agar ikan laut yang di hasilkan bisa bertahan lebih lama dan bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. 

Penggunaan garam dalam pengawetan ikan ini sudah umum dan telah dilakukan sejak zaman dahulu sebagai cara pengawetan ikan secara alami. Penggunaan garam untuk mengawetkan ikan ini tidak memberikan efek samping yang berbahaya seperti penggunaan bahan kimia untuk mengawetkan ikan.

Perlu sahabat tani ketahui bahwa potensi indonesia dalam menghasilkan ikan sangat besar. Hal ini karena potensi laut Indonesia yang sangat luas di sama menghasilkan ikan dalam jumlah yang sangat banyak. Selain ikan laut, ikan air tawar juga banyak dibudidayakan yang bisa mencukupi kebutuhan ikan di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Ikan Tercantik di Dunia

Untuk mengawetkan ikan, salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan proses penggaraman yang nantinya akan menjadi ikan asin. Ikan asin ini banyak digemari oleh orang indonesia, karena biasanya memiliki harga yang lebih murah dan juga rasa yang lebih lezat. Ukuran harga ini biasanya juga tergantung dari jenis ikan yang diawetkan atau yang diasinkan.

Namun kadang ada beberapa kasus ikan asin yang dibeli di pasaran memiliki rasa yang terlalu asin. Sehingga membuat rasanya tidak nikmat ketika dikonsumsi. Ini bisa terjadi karena proses pemberian garam yang berlebihan sehingga rasa asin pada ikan juga akan berlebihan dan justru tidak nikmat jika rasanya terlalu asin.

Baca juga: Lele Phyton, Sang Jawara Banten

Untuk membuat ikan memiliki rasa asin yang standar, sahabat tani bisa menggunakan tips berikut ini. Tips ini diulas untuk membantu sahabat tani dalam mengolah ikan asin agar rasanya tidak terlalu asin.

Cara untuk membuat ikan asin tidak terlalu asin yaitu dengan merendam ikan asin dengan air bersih selama 30 menit. hasil akhirnya yaitu ikan asin tidak terlalu asin karena air  bisa mengurangi kadar keasinan pada ikan.

Untuk merendam ikan asin menggunakan air cukup mudah. sahabat tani bisa menyediakan wadah seperti baskom. Kemudian mengisinya dengan air, lalu masukan ikan asin.

Baca juga: Ganasnya Belut Listrik di Amazon

Selain merendam dengan air, untuk mengurangi kadar asin pada ikan asin sahabat tani juga bisa merebus ikan selama 10-15 menit saja, nantinya garam akan ikut larut ke dalam air rebusan.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App