• 20 September 2021

Obat Alami Atasi Asam Urat

uploads/news/2021/07/obat-alami-atasi-asam-47796ed4488c32b.jpg
SHARE SOSMED

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak mengalami asam urat"

JAKARTA - Asam urat adalah suatu kristal hasil metabolisme purin yang didapat dari makanan. Menurunkan kadar asam urat adalah sesuatu yang penting untuk mengurangi risiko terjadinya asam urat seperti bengkak di persendian, nyeri ketika berjalan, dan mencegah serangan berikutnya pada seseorang yang memiliki kondisi ini.

Pada beberapa kasus, beberapa orang memerlukan obat medis untuk mengatasi asam urat. Akan tetapi keadaan ini juga dapat diatasi dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Berikut adalah berbagai cara menurunkan asam urat secara alami.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh 

Minum Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak mengalami asam urat. Sebuah analisis data menemukan bahwa risiko asam urat menurun saat konsumsi kopi meningkat. Partisipan yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan risiko asam urat sebesar 22 % dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Sementara mereka yang mengonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki penurunan 57 % risiko terkena asam urat. Meski dapat digunakan sebagai cara menurunkan asam urat, kopi juga bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis dan patah tulang pada wanita.

Konsumsi Suplemen Vitamin C

Sebuah meta-analisis dari 13 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Penurunan kadar asam urat dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Namun, penelitian ini belum membuktikan dengan pasti bahwa vitamin C menghilangkan atau mencegah asam urat.

Baca juga: 5 Makanan Mengandung Protein Tinggi

Konsumsi Buah Ceri

Sebuah penelitian awal menunjukkan bahwa buah ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit ini sebelumnya. Penelitian ini menemukan bahwa makan buah ceri selama 2 hari dapat menurunkan asam urat sebesar 35 % dibanding mereka yang tidak mengonsumsi ceri.

Meningkatkan Asupan Serat

Makan lebih banyak serat akan membantu tubuh menyingkirkan asam urat. Serat juga dapat membantu sahabat tani menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin. Selain itu, serat juga cenderung meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu menurunkan risiko makan berlebihan. sahabat tani bisa konsumsi gandum atau beras merah guna memperkaya serat. Tambahkan setidaknya 5 sampai 10 gram serat larut per hari dengan makanan utuh.

Baca juga: Ini Sayuran Pendukung Diet

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App