• 19 September 2021

Intip Resep Se'i Sapi Kekinian

uploads/news/2021/07/intip-resep-se-i-sapi-273505f8e7eab7a.jpg
SHARE SOSMED

"Masakan Khas Pulau Timor ini menggunakan teknis memasak dan racikan yang sama untuk mempertahankan cita rasanya. Daging se’i biasa dijadikan sebagai persembahan untuk para dewa bagi suku di Timor"

JAKARTA – Lebaran Haji atau Lebaran Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan kurban. Daging yang didapatkan dari penyembelihan tersebut biasanya dijadikan sate atau sop oleh sahabat tani pastinya. Nah kali ini bisa dimasak menu lain sahabat tani yaitu Se’I.

Se’i daging tipis yang diiris memanjang dimatangkan menggunakan arang. tanpa menggunakan kipas namun bara api harus terus menyala. Memasaknya pun butuh waktu berjam-jam.

Baca juga: Ramuan Lawan Covid-19 Varian Delta

Masakan Khas Pulau Timor ini menggunakan teknis memasak dan racikan yang sama untuk mempertahankan cita rasanya. Daging se’i biasa dijadikan sebagai persembahan untuk para dewa bagi suku di Timor.

Saat ini se’i sapi sudah bisa dinikmati di berbagai daerah salah satunya DKI Jakarta, sudah banyak yang menjualnya. akan tetapi, lebih baik kita memasak sendiri ya sahabat tani, karena sedang PPKM maka harus menaati peraturan yang ada. Berikut resep mengolah daging se’i.

Baca juga: Cara Mengurangi Asin Pada Ikan

Bahan yang perlu sahabat tani siapkan yaitu:

5 potong daging se'i, iris-iris sedang
1 batang serai, iris-iris bagian putih aja
5 buah cabai rawit, iris-iris
10 butir bawang merah, iris tipis
3 butir bawang putih, iris tipis
5 lembar daun jeruk, buang tulang, iris tipis
garam secukupnya
kaldu bubuk secukupnya
merica secukupnya
minyak untuk menumis

Baca juga: Ini Sayuran Pendukung Diet

Setelah itu panaskan minyak di wajan, lalu masukkan daging se'i. Tumis sampai setengah matang, masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, irisan daun jeruk dan serai. Tumis sampai semua bahan agak layu dan harum, kemudian masukkan garam, kaldu dan merica. Dicicipi rasanya. jika rasanya sudah pas, se'i sambal matah siap dihidangkan dengan nasi panas.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App