• 20 September 2021

Tips Mengatasi Ngorok/Flu Pada Ayam

uploads/news/2021/07/tips-mengatasi-ngorok-flu-pada-3887354dfa0528c.jpg
SHARE SOSMED

"Kerugian yang diakibatkan dari penyakit ngorok ini dapat berbentuk kematian, pertumbuhan lambat, produksi telur menturun bahkan terhenti sama sekali"

BOGOR - Peternak ayam pasti pernah mengalami beberapa gangguan penyakit pada ayam peliharaannya. Salah satu penyakit yang dapat menjangkit ayam adalah ‘ngorok’. Penyakit ngorok atau Chcronic Respiratory Disease (CRD) dikenal juga sebagai penyakit flu dan pilek pada ayam.

Penyakit ini menyerang sistem pernapasan ayam yang disebabkan bakteri sehingga menimbulkan suara ketika ayam bernapas. Saat ayam bernapas, udara masuk melalui rongga hidung dan bulu getar (silia) yang ada pada rongga hidung akan menyaring partikel debu atau bibit penyakit yang ikut tercampur dan terbawa dalam udara.

Baca juga: 3 Jenis Ayam Petarung Termahal

Rubby Ferdiansyah atau yang dikenal Rubby Pakhoy Penghobi sekaligus peternak ayam-ayam petarung asal Cikeas, Gunung Putri, Bogor. Ia menjelaskan bahwa penyebab utama ayam bisa terkena flu atau ngorok adalah perubahan cuaca dari musim kemarau ke awal musim penghujan ataupun sirkulasi udara bersih yang kurang mendukung. Karena perbedaan cuaca tersebut tubuh ayam ini menjadi rentan terkena penyakit musiman, yang jika dibiarkan saja akan semakin parah dan menular pada ayam lain.

"Sebabnya yaitu pertama perubahan cuaca baik dari kemarau ke hujan atau sebaliknya karena ketika si ayam merasakan perubahan cuaca yang cukup drastis dia akan mengalami perubahan suhu tubuh yang sangat drastis juga. ngorok bisa yang muncul bisa disebabkan oleh radang, atau panas dalam. ada juga yang disebabkan oleh penyakit lain," jelas Rubby.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Ayam

Kerugian yang diakibatkan dari penyakit ngorok ini dapat berbentuk kematian, pertumbuhan lambat, produksi telur menturun bahkan terhenti sama sekali. Selain itu ayam yang pernah terserang penyakit dapat menjadi sumber penyakit bagi ayam lainnya. Pria aak satu ini akan memberikan tips khusus untuk sahabat tani bagaimana cara mengobatinya.

"Cara pengobatannya sangat mudah cukup diberikan antibiotik khusus untuk unggas bisa tablet atau bubuk yang dicampurkan dengan air. sahabat tani bisa beli di toko-toko hewan. jika sahabat tani sulit mencari obatnya bisa gunakan obat alami yaitu dengan bawang putih, caranya cukup digeprek bawang putihnya satu sampai dua butir langsung disuapin ke ayamnya biasanya satu sampai dua hari flunya bakalan hilang. nah setelah diobati sebaiknya ayam diistirahatkan dulu sehari sampai dua hari," ujar Rubby.

Baca juga: Ini Alasan Ayam Jantan Berjengger

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App