• 19 April 2024

Ini Alasan Ayam Jantan Berjengger

uploads/news/2021/05/ini-alasan-ayam-jantan-544569bd4d95464.jpg

“Semua orang percaya ayam jantan memiliki jengger karena ayam betina menyukainya. Betina lebih senang jengger besar dan merah karena hal ini menunjukkan tanda bawah ayam jantan tersebut adalah ayam yang sehat,"

JAKARTA – Sahabat tani pernah melihat bentuk fisik ayam yang berbeda-beda? Ada yang memiliki jengger, ada juga yang tidak. Lalu, apa sih alasan beberapa ayam memiliki jengger pada kepalanya?

Jengger merupakan pertumbuhan berdaging atau balung di atas kepala terutama kalkun, burung pegar, dan ayam negeri. Jengger umumnya lebih besar pada jantan daripada betina. Jengger ayam berwarna merah, tetapi pada spesies lain warna mungkin bervariasi dari abu-abu terang sampai biru gelap, Jengger kalkun dapat bervariasi dalam warna dari merah cerah ke biru. Jengger juga dapat menjadi indikator kesehatan bagi beberapa jenis unggas.

Jengger pada ayam mempunyai bentuk yang beragam dan spesifik yang berbeda pada setiap jenis ayam. Mulai dari ayam kampung, ayam lokal ataupun ayam import, semua memiliki keunikan dari bentuk tubuh, warna bulu sampai bentuk jengger. Jika sahabat tani akan memulai ternak ayam, perlu mengetahui fungsi jengger itu sendiri bagi ayam yang akan diternak.

“Jengger meningkatkan luas area di sekitar kepala yang membuatnya menjadi target yang lebih besar dan lebih mudah bagi ayam betina,” kata ahli biologi, Carolynn Smith di Macquarie University di Sydney Australia, mengutip dari Animal Behavior.

Baca juga : Majapahit, Kerajaan Agraris Terkuat Se-Nusantara

Ternyata, dengan adanya jengger, dapat memudahkan ayam betina dalam mengenali ayam jantan yang akan memikatnya. Hal ini akan memudahkan para peternak dalam menyatukan kedua jenis ayam tersebut sehingga lebih mudah bereproduksi.

“Semua orang percaya ayam jantan memiliki jengger karena ayam betina menyukainya. Betina lebih senang jengger besar dan merah karena hal ini menunjukkan tanda bawah ayam jantan tersebut adalah ayam yang sehat," Tambahnya.

Nah sahabat tani, bentuk jengger pada ayam secara umum dapat dikelompokkan menjadi 8 bagian. Diantaranya ada jengger Tunggal (Single Comb) yaitu Jengger yang berdiri tegak seperti bentuk rambut Mohawk, kemudian ada jengger mangkok, jengger biji yang berbentuk seperti gerigi dan terdiri dari tiga baris, jengger bentuk V atau tanduk setan, jengger walnut comb, jengger bunga mawar, jengger buah beri dan jengger bantal.

Baca jugaMisteri Ayam Berkokok Malam Hari

Smith dengan dibantu oleh rekannya yang bernama Chris Evans, melakukan pengamatan terhadap ayam pejantan dalam memikat ayam betina. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ayam jantan sengaja ‘memainkan’ jenggernya untuk menarik perhatian betina.

"Ayam jantan memiliki jengger karena jengger membuat mereka semakin terlihat mencolok di hadapan sang betina,” tutup Smith.

Baca jugaIni Penyebab Peternak Lele Rugi

Related News