• 20 April 2024

Misteri Ayam Berkokok Malam Hari

uploads/news/2021/05/misteri-ayam-berkokok-malam-62399a7fe46bc3d.jpg

"Beberapa orang juga percaya, kokokan ayam ditengah malam menjadi pertanda adanya seorang wanita yang sedang hamil tapi tanpa suami"

JAKARTA – Sebagian masyarakat menyangka bahwa kokokan ayam di malam hari merupakan sesuatu hal yang berkaitan dengan mistis atau magis. Konon rumor yang dipercayai beberapa masyarakat Indonesia adalah jika mendengar ada ayam yang berkokok di tengah malam, menandakan bahwa makhluk halus hadir disekitar rumah. Beberapa orang juga percaya, kokokan ayam ditengah malam menjadi pertanda adanya seorang wanita yang sedang hamil tapi tanpa suami.

Padahal, dalam pandangan Islam, kokokan suara ayam jantan itu pertanda baik karena malaikat sedang turun ke bumi. Bahkan, dianjurkan untuk berdoa yang baik-baik saat mendengarnya. Hal ini juga diperkuat melalu hadis yang berbunyi sebagai berikut.

Baca juga: Prospek Menjanjikan Ternak Ayam Petelur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan.” (HR. Bukhari 3303 dan Muslim 2729).

Baca juga : Ini Penyakit Ayam yang Mematikan

Dianjurkan berdoa bukan hanya ketika mendengar suara kokok ayam jantan di pagi hari, hal ini juga berlaku ketika sahabat tani mendengar ayam berkokok pada malam hari. Baiknya segera berdoa karena malaikat yang mendengarnya akan turut mengaminkan dan menjadi saksi atas doa yang dipanjatkan.

Ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki binatang lain, yaitu mengetahui perubahan waktu di malam hari. Dia berkokok di waktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan. Dia berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir tidak pernah meleset. Baik malamnya panjang atau pendek. Karena itulah, sebagian syafiiyah memfatwakan untuk mengacu kepada ayam jantan yang sudah terbukti, dalam menentukan waktu.

Baca juga: Intip Kunci Keberhasilan Ternak Lele

Selain itu, beberapa hal baik yang bisa diambil pelajaran dari ayam jantan adalah suaranya yang bagus, bangun di waktu subuh dan dermawan atau senang berbagi. Ayam juga salah satu hewan yang mulia menurut pandangan islam.

Baca juga : Waspada, Penyakit Mengerikan Ayam Petelur

Dalam hadis dari Zaid bin Khalid al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasul juga mengatakan untuk tidak mencela ayam jantan saat berkokok. Sebab, suara kokok ayam jantan ini sebagai alarm bagi umat muslim untuk segera bangun melaksanakan sholat subuh. Dalam hadis tresebut juga menjelaskan, hal apapun yang yang bisa memberikan manfaat kebaikan, tidak selayaknya dicela dan dihina. Sebaliknya, dimuliakan dan disikapi dengan baik.

Related News