• 28 September 2021

3 Jenis Ayam Petarung Termahal

uploads/news/2021/04/3-jenis-ayam-petarung-30426a359375231.jpg
SHARE SOSMED

"Memiliki postur tubuh yang beda dengan ayam lain membuat harga ayam-ayam petarung ini fantastis, bahkan ada yang seharga mobil loh sahabat tani"

Jakarta - Bagi Sahabat tani yang hobi memelihara ayam petarung, ras ayam-ayam ini pasti tak terdengar asing di telinga. Dikenal sebagai ayam jagoan karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding jenis lain

Ayam petarung sudah pasti memiliki postur tubuh gagah. Banyak pecinta ayam menjadikannya sebagai koleksi hewan peliharaan. Oh iya, satu lagi ibarat manusia, ayam jenis ini punya sifat pantang menyerah dan tangguh. Pantas saja kerap jadi andalan atau jagoan dalam kegiatan kontes ayam.

Memiliki postur tubuh yang beda dengan ayam lain membuat harga ayam-ayam petarung ini fantastis, bahkan ada yang seharga mobil loh sahabat tani. Berikut 3 jenis ayam petarung termahal yang terkenal di Indonesia.

Baca Juga: Ayam Petarung Kebanggan Thailand

Ayam Pakhoy

Jenis ini berasal dari thailand utara, dan awalnya berasal dari desa "Pa Khoy" di Kota Lamphun. “pakhoy ini adalah ayam pertama yang saya pelihara, eh nggak tahunya sekarang lagi booming di dunia ayam laga, ayam ini termasuk jenis unggul karena pukulannya yang tangguh dan badannya yang kekar, harganya relatif dari mulai 20 juta – 85 juta,” Ujar Rubby, Penghobi sekaligus peternak ayam-ayam petarung asal Cikeas, Gunung Putri, Bogor.

Jenis ini memiliki ciri-ciri ukuran kecil (average at 2.5-2.7 kg), tipe tarung dominan pukul depan ke badan dan brakot. kombinasi ada nyayap dan bongkar juga.

Di thailand utara tipe pakhoy memang kebanyakan tarung melawan burma murni di kalangan. karena memiliki ukuran yang sama, yaitu ayam pukul depan dan secara tipe teknik sama-sama bisa saling mengalahkan.

Baca Juga: Perawatan Ekstra Ayam Bangkok

Ayam Bangkok

Sesuai dengan namanya, ayam Bangkok adalah jenis ayam asli dari Thailand. Namun ayam ini tidak begitu saja hidup di alam liar. Kehadiran ayam Bangkok ini sebetulnya bermula dari upaya warga setempat yang menemukan jenis ayam jago baru. Kemudian diberi nama King’s Chicken.

Karena memiliki gerak yang cepat dan kekuatan besar ketika bertarung, pedagang China yang berada di Negeri Gajah Putih ini tertarik dengan ayam jago tersebut. Bahkan, tak sedikit warga China menjuluki ayam tersebut dengan sebutan Leung Hang Zhao. Ayam ini selanjutnya terkenal pada masanya hingga ke Negeri Tirai Bambu.

Di Indonesia sendiri, ayam ini sudah sejak lama dijadikanayam andalan untuk ditarungkan, seperti kata Rubby, ayam Bangkok adalah ayam yang harganya paling stabil di Indonesia. “ayam yang memiliki pukulan yang sangat bagus yang terkenal di seluruh nusantara. Ayam ini Jika dalam pertarungan tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa menjatuhkan lawan,” Ungkap Rubby. Pria yang pernah bekerja di Thailand itu mengungkapkan kisaran harga ayam Bangkok ini 25 juta – 100 juta.

Baca Juga: Rahasia Agar Ayam Tetap Sehat

Ayam Mangon

Ayam Mangon termasuk juga ke dalam jenis ayam modern, karena jenis ayam ini merupakan crossbreeding atau hasil persilangan dari Ayam Pama dengan Ayam Saigon yang menghasilkan Ayam Mangon ini (Pama & Saigon = Mangon). satu keistimewaan dari mangon ialah memiliki pukulan yang akurat dan keras dari posisi depan. Akan tetapi dari sisi yang berbeda masih kurang efektif.

Selain itu juga daya tahan pukul yang bisa dikatakan istimewa, meski dihajar waktu yang cukup lama masih mampu berdiri dengan tegak. Nah itulah keistimewaan dari mangon. Namun hal mesti di upgrade kecepatan pukul dari berbagai arah agar gaya bertarung lebih unik lagi. kisaran harga pada ayam mangon ini mulai dari 20 juta - 100 juta.

Baca Juga: Ayam Merawang, Si Jagoan Petelur

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App