• 19 September 2021

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Ayam

uploads/news/2021/07/cara-ampuh-menghilangkan-kutu-54403013d9e1d1c.jpg
SHARE SOSMED

"dalam menghilangkan kutu pada ayam Rubby menyampaikan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yakni kebersihan kandang.."

BOGOR - Seperti yang kita ketahui bahwa kutu pada ayam ini membuat ayam menjadi kurus walaupun memang dalam waktu yang lama, akan tetapi akan membuat ayam kekurangan nutrisi yang seharusnya diperlukan, bagi sahabat tani yang beternak ayam untuk keperluan di jual maka hal ini adalah suatu yang harus diperhatikan agar keuntungan anda semakin besar dan bukan sebaliknya mengalami kerugian.

Selain itu kutu ayam sering sekali berpindah dan menyerang kita dan hal ini akan menimbulkan rasa gatal yang tidak menyenangkan pada kita, Rubby Ferdiansyah atau yang dikenal dengan Rubby Pakhoy, Penghobi sekaligus peternak ayam-ayam petarung asal Cikeas, Gunung Putri, Bogor. ia akan memberikan tips ampuh cara menghilangkan kutu ayam atau gurem kepada sahabat tani.

Baca juga: Penyebab Warna Kuning Telur Berbeda

Sebelum ia memberikan tipsnya, terlebih dahulu ia akan menjelaskan apa saja penyebab atau faktor-faktor yang membuat kutu ayam muncul. "Kutu ayam atau gurem ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kebersihan kandang, pertama kita harus kenali dulu pencegahannya bukan hanya pengobatan saja usahakan kalau kotoran ayam dua hari sekali itu dibersihkan jangan sampai bertumpuk serta sirkulasi kandang yang bagus yaitu terkena matahari pagi maupun sore," ujar Rubby.

Sebenarnya dalam menghilangkan kutu pada ayam Rubby menyampaikan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yakni kebersihan kandang sebab kutu pada ayam bisa saja disebabkan oleh lingkungan kandang yang kotor membuat kutu tertular dari ayam satu ke ayam lainnya melalui kandang atau interaksi langsung sesama ayam. maka dari itu sebaiknya bersihkan kandang ayam pada siang hari ketika ayam sedang tidak berada didalam kandang atau pada saat ayam sedang dijemur.

Baca juga: Khoytradngon, Ayam Silangan Jagoan Thailand

"Kutu ini akan sangat banyak sekali bila kandang ayam gelap dan tertutup pasti akan banyak kutu ayam karena kurangnya isnar matahari. Ditambah lagi jika ada ayam yang sedang menetaskan telur biasanya dari ayam tersebut menimbulkan kutu ayam," ucap pria berumur 27 tahun tersebut.

Kutu ayam yang sering muncul sangatlah kecil yang merupakan salah satu hama menempel pada bagian tubuh ayam dan menghisap darah dari ayam yang kita pelihara. Tapi hama kutu ini sebenarnya tidak hanya menyerang ayam saja, karena ini adalah jenis hama yang bisa menyerang berbagai jenis unggas yang kita peliharan. Dan parahnya lagi gurem sering menyerang dalam jumlah banyak atau berkelompok.

Dengan masalah hama kutu ayam ini, membuat ayam yang kita pelihara bisa menjadi kurang sehat dikarenakan akan kekurangan darah, tidak nafsu makan, iritasi, kurus, produksi telur menururn, dan akan lebih rawan terserang penyakit.

Baca juga: 3 Jenis Ayam Petarung Termahal

"Untuk pencegahannya kita harus menghilangkannya dari bulu-bulu ayam tersebut yaitu dengan cara mengolesi atau memandikan ayam dengan air tembakau untuk pemberian air tembakau ini sangat simpel cukup merendamkan tembakau satu sampai dua hari saja kemudian airnya bisa langsung diolesi ke ayam," ujarnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App