• 20 September 2021

Khoytradngon, Ayam Silangan Jagoan Thailand

uploads/news/2021/04/khoytradngon-ayam-silangan-jagoan-19848b577cdde71.jpg
SHARE SOSMED

"Dengan demikian hasil dari kawinan silang ini akan selalu menampilkan gaya permainan unggas laga lebih menarik dan tidak monoton"

Jakarta - Kisah lahirnya ayam khoytradngon yaitu hasil perkawinan silang antara pejantan pakhoy dengan induk betina trad, kemudian dikawinkan lagi dengan ayam mangon asli dari Thailand.

Trad sendiri artinya sebuah provinsi di negeri gajah putih dimana wilayah tersebut terdapat ayam bangkok asli modern. Jadi persilangan ini murni antara ayam lokal trad dengan pejantan pakhoy.

Baca Juga: 3 Jenis Ayam Petarung Termahal

Pemberian nama ini di ambil dari kata akhiran antara khoy, trad, ngon kemudian ketiga kata ini digabungkan untuk membedakan dengan jenis lainnya. Tujuan utama dalam beternak ayam ialah meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

salah satu peternak ayam laga yang memellihara ayam khoytradngon adalah Rubby Ferdiansyah, Peternak yang berada di Cikeas Gunung Putri, Bogor ini sudah sejak lama memelihara ayam kebanggaan thailand.

"jadi asal muasal kenapa khoytradngon ini ada yaitu orang-orang thailand sana berlomba-lomba untuk menciptakan gen baru, setelah lahir, barulah mereka lauching ayam kawin silangan ini," Pungkas pria yang akrab disapa Rubby Pakhoy ini.

Baca Juga: Untung Besar Bisnis Ayam KUB

Dengan demikian hasil dari kawinan silang ini akan selalu menampilkan gaya permainan unggas laga lebih menarik dan tidak monoton. Jadi tidak ada salahnya untuk mengawinkan silang, hanya saja prosesnya tidak bisa jadi dalam sekejap.

Pasalnya kita harus mengetahui kualitas sebelum menjualbelikan kepada orang lain. Jika sudah terbukti digelanggang mampu mengalahkan ayam juara beberapa kali, baru layak sobat edarkan secara masal.

Rubby juga menyampaikan ada tidak semua ayam bangkok murni dari thailand, banyak ayam-ayam silangan dari jenis yang ada di negara lain, seperti di Indonesia contohnya. "ayam-ayam yang saya ternak ini sebenarnya tidak hanya silangan dari ayam asli thailand tapi dari negara-negara lain juga ada seperii vietnam, Indonesia, dan negara lain. contoh ayam silangan Indo-Thailand yaitu ayam cemani dan pakhoy," Ujar Pria anak satu itu. 

Baca Juga: Ayam Merawang, Si Jagoan Petelur

Secara fisiknya, khoytradngon memang tak jauh dengan bangkok asli, hanya saja akurasi dan nalurinya trad ini disebut bangkok era baru. Untuk membedakan ayam ini dengan lainnya sahabat tani perlu lebih detail. Model kepala menyerupai buah pinang, Bentuk postur 11-12 dengan bangkok, Warna didominasi hitam merah, Ukuran tidak terlalu besar & kecil, Gaya berlaga dikenal tidak pernah turun/main atas.

Baca Juga: Perawatan Ekstra Ayam Bangkok

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App