• 26 April 2024

Tips Menyimpan Cabai Tetap Awet

uploads/news/2021/06/tips-menyimpan-cabai-tetap-90813ee4d0e21ef.jpg

"sahabat tani jangan khawatir, cara menyimpan cabai agar tetap awet dan tidak gampang busuk ternyata sangat mudah loh"

JAKARTA - Salah satu bahan masakan yang paling cepat busuk atau rusak adalah cabai. Padahal cabai merupakan bahan pokok yang sering digunakan dalam setiap menu masakan, baik cabai merah keriting sampai cabai rawit kecil. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, kita tak bisa bebas keluar masuk pasar. Nah, sahabat tani jangan khawatir, cara menyimpan cabai agar tetap awet dan tidak gampang busuk ternyata sangat mudah loh.

Melepas Tangkai Cabai

Cara menyimpan cabai agar awet yang pertama adalah dengan melepas tangkai cabai. Saat pertama kali membeli cabai, pastikan terlebih dahulu bahwa cabai yang dibeli memang masih segar dan belum kering. Kesegaran cabai tentu akan terjaga lebih lama bila dari awal tidak ada cacat atau bonyok. Cara menentukan sebuah cabai apakah masih dalam keadaan baik atau tidak, yaitu sahabat tani bisa memencet bagian tengah cabai tersebut, dan pastikan memang masih keras, tidak lembek. Setelah memastikan cabai yang akan disimpan dalam keadaan baik, selanjutnya lepaskan tangkai yang ada pada cabai.

Baca juga: Penyebab Warna Kuning Telur Berbeda

Jangan Dicuci

Cara menyimpan cabai agar awet yang kedua adalah dengan tidak mencuci cabai. Nah untuk yang satu ini seringkali diabaikan. Tak sedikit dari kita yang langsung mencuci cabai setelah membelinya di supermarket atau tukang sayur. Terlebih di masa pandemi seperti ini. kita mungkin merasa cabai tersebut kotor, namun sebaiknya tidak mencucinya. Cabai hanya dicuci ketika benar-benar akan dipakai, bila sahabat tani ingin membersihkannya cukup menggunakan lap saja. Cabai yang lembap akan mudah sekali busuk, untuk itu pastikan menyimpan cabai dalam keadaan kering.

Simpan di Wadah Tertutup

Cara menyimpan cabai agar awet selanjutnya adalah dengan menyiapkan wadah tertutup. Jadi, selanjutnya adalah menyiapkan wadah penyimpanan, pastikan wadah tersebut memiliki tutup. Namun sebelum memasukkan cabai ke dalamnya, letakkan beberapa lembar tisu di bagian bawah sebagai alas. Saat memasukkan cabai pula pastikan tidak terlalu penuh, agar masih ada ruang untuk cabai tersebut ‘bernapas’. Sebelum menutup wadah, jangan lupa untuk menyiapkan sesiung bawang putih yang telah dikupas lalu letakkan saja diatas cabai-cabai tersebut.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Menyimpan Stroberi

Simpan Dalam Kulkas

Salah satu trik lain dalam cara menyimpan cabai agar awet adalah dengan menutupnya dalan wadah dan memasukannya ke dalam kulkas. Setelah meletakkan bawang putih tadi, tutuplah wadah tadi dan pastikan benar-benar rapat lalu masukkan wadah tersebut ke dalam kulkas. Tak perlu disimpan di dalam freezer, cukup di tempat yang biasa dipakai untuk menyimpan buah dan sayur.

Setiap beberapa hari, gantilah tisu yang melapisi wadah cabai. Lalu, jagalah cabai yang disimpan ini agar tidak basah atau lembap untuk menghambat proses pembusukan cabai.

Apabila tidak ada kulkas atau lemari pendingin lainnya, maka sebaiknya simpan cabai tersebut pada wadah yang memiliki lubang sehingga tidak akan lembap. Kemudian, simpan pada tempat yang terkena angin serta tidak lembab.

Baca juga: Tips Terong Ungu Berbuah Lebat

Related News