• 29 March 2024

Begini Cara Ampuh Menyimpan Stroberi

uploads/news/2021/06/begini-cara-ampuh-menyimpan-735914fe6825310.jpeg

"Awetkan dengan cuka. Sediakan air bersih dalam sebuah wadah kemudian campurkan beberapa tetes cuka kedalamnya.."

JAKARTA - Buah stroberi merupakan salah satu jenis buah yang gampang sekali membusuk. Buah yang memiliki kulit tipis disertai struktur yang rapuh ini, hanya dalam hitungan jam saja, buah stroberi akan mengalami pembusukan. jika sahbaat tani petik buah stroberi di pagi hari, dengan mudahnya buah ini bisa membusuk di sore hari dengan ciri-ciri berupa warna kehitaman disertai tekstur yang lembek.

Nah, jika sahabat tani ingin memiliki buah stroberi segar yang awet dan tahan lama, memang harus mengetahui nih teknik penyimpanan buah stroberi yang benar. Menurut Tuti, salah satu pembudidaya buah stroberi, ada beberapa tips ampuh yang bisa sahaba tani coba untuk mengawetkan stroberi agar tetap segar dan tahan lama.

Baca juga: Tips Menanam Stroberi Untuk Pemula

“Awetkan dengan cuka. Sediakan air bersih dalam sebuah wadah kemudian campurkan beberapa tetes cuka kedalamnya lalu diaduk rata. Setelah itu rendam stroberi kedalam wadah tersebut,” ungkap Tuti saat ditemui oleh reporter Jagadtani.id di dusun Kalitengah Lor. Lebih lanjut Tuti juga menjelaskan, buah stroberi memiliki banyak kandungan air dan minim zat gula yang bisa dijadikan sebagai pengawet alami. Karena itu, stroberi sangat mudah ditumbuhi jamur sehingga mudah membusuk.

“Kalau mau coba awetkan dengan cara lain, bisa coba bekukan buah stroberi didalam freezer. Ini juga ampuh untuk penyimpanan selama berbulan-bulan,” katanya.

Baca juga: Ini Khasiat Tempe Cegah Diabetes

Wanita berumur 40 tahun ini juga mengatakan, jika terdapat bagian stroberi yang berjamur, sisihkan bagian stroberi tersebut dengan segera. Bagian Stroberi yang telah berjamur akan membuat buah stroberi lainnya yang masih bagus menjadi cepat tertular jamur dan cepat membusuk.

“Kemudian, kalau memang membeli buahnya di kedai atau pasar, usahakan untuk membeli buah stroberi yang masih baru dan masih segar. Perhatikan juga apakah masih ada tangkainya karena ini bisa membuat stroberi lebih tahan lama saat disimpan,” jelas Tuti.

Tuti juga mengatakan, jika sahabat tani membeli buah stroberi dalam kemasan jangan langsung memakan dan mengolah stroberi langsung dari kemasan. Rendam dulu buah yang memiliki cita rasa asam ini di air yang telah dicampur garam untuk menghilangkan kotoran-kotoran kecil yang mengendap didalamnya.

Baca juga: Haluskan Wajah dengan Minyak Zaitun

Warna buah stroberi yang cerah dan aromanya yang khas juga bisa menandakan bahwa buah tersebut apakah masih segar atau tidak. “Kalau tidak cuci dengan cuka, sebaiknya jangan cuci buah stroberi dengan air biasa. Karena mencuci buah stroberi dengan air biasa hanya akan membuatnya lembab dan mudah membusuk,” tutupnya.

Related News