• 28 September 2021

Tips Menanam Stroberi Untuk Pemula

SHARE SOSMED

"Tidak harus menanam di dataran tinggi, budidaya buah stoberi juga bisa dilakukan di pekarangan rumah menggunakan polybag"

SLEMAN – Siapa disini pecinta stroberi? Buah berbentuk kerucut dan berwarna merah ini, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Rasa asam yang dihasilkan buah ini, juga membuat stroberi banyak disukai masyarakat. Namun, jangan hanya konsumsi, menanam buah stroberi sendiri akan jauh lebih asyik loh. Selain hemat pengeluaran, menanam dan mengembangbiakan stroberi di rumah, dapat menjamin kualitas buah yang akan dikonsumsi.

Tidak harus menanam di dataran tinggi, budidaya buah stoberi juga bisa dilakukan di pekarangan rumah menggunakan polybag. Seperti yang dilakukan oleh Tuti, warga dusun Kalitengah Lor yang membudidayakan stroberi di pekarangan rumahnya. Tuti memberikan tips mudah menanam storberi di polybag khususnya untuk sahabat tani yang masih pemula.

Pertama, pastikan sahabat tani memilih bibit yang bagus. Bibit ini nantinya akan mempengaruhi kualitas buah yang akan dihasilkan.

“Kalau sudah ada kenalan yang punya bibit bagus, bisa beli langsung bibit tersebut karena sudah terjamin kualitas bibitnya. Atau, kalau memang hanya sekedar beli langsung dari petani, lihat contoh pohon stoberi yang bagus, kemudian lakukan pembibitan vegetatif atau ambil salah satu bagian dari pohonnya untuk dijadikan sebagai bibit,” ungkap Tuti saat ditemui di dusun Kalitengah Lor.

Baca juga Sulap Limbah Jadi Makanan Lezat

Lebih lanjut Tuti mengatakan, buah stoberi memang tubuh subur di wilayah dataran tinggi, namun untuk sahabat tani yang tinggal di dataran rendah, bisa coba adaptasikan bibit buah stoberi dengan lingkungan yang akan dijadikan tempat tinggalnya.

“Kalau daerahnya tidak dingin, adaptasikan dulu agar bibit terbiasa dengan wilayah panas. Setelah itu siapkan polybag bebas ukuran berapa saja, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Lalu, siapkan juga media tanamnya,” jelas Tuti.

Nantinya, media tanah yang sahabat tani siapkan, dituang kedalam polybag dengan campuran tanah dan pupuk kompos. Perbandingannya adalah 1:1. Media tanam ini baiknya didiamkan selama 3-4 hari, kemudian siram dengan rutin.

“Setelah media tanam sudah siap, buat lubang didalamnya, kemudian masukan bibitnya. Kalau memang pakai batang stroberi yaitu dengan cara vegetative, maka masukan juga batangnya,” katanya.

Baca jugaTips Jitu Budidaya Tanaman Lada

Ia juga menyarankan sebaiknya proses ini dilakukan saat pagi hari tepatnya sebelum matahari terik. Hal ini untuk menghindari terjadinya layu pada batang yang telah ditanam.

“Setelah selesai, lakukan penyiraman secara rutin agar hasilnya memuaskan sesuai dengan keinginan,” tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App