• 26 April 2024

Sulap Limbah Jadi Makanan Lezat

"Di Namfish Factory ini saya berusaha tidak membuang apapun dari limbah lele fillet saya, untuk itu dari mulai kepala, duri, sampai tulang saya olah kembali menjadi serundeng dan sambal"

BOGOR - Pada umumnya, ketika makan ikan tulang dan duri dari ikan tersebut dibuang begitu saja. Namun, itu tidak berlaku jika ikan tersebut sudah di tangan Aldy Novalino. Pemilik udaha lele fillet Namfish Factory ini menyulap limbah lele dari mulai kepala, duri, sampai tulang-tulangnya. 

Tulang ikan lele dumbo (Clarias barrachus) yang selama ini hanya sekadar menjadi limbah ternyata bisa diolah menjadi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Baca juga: Rahasia Kolam Lele Tidak Bau

Ketika dibuang atau dibiarkan begitu saja, maka limbah ikan juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, misalnya menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu dengan langsung membuang bagian-bagian ikan tersebut, maka telah terjadi pembuangan sejumlah nutrisi penting dari limbah. Misalnya tulang ikan yang dapat menjadi sumber beberapa mineral, terutama kalsium. 

Untuk itu, Aldy bersama dengan istrinya menemukan solusi yang tepat agar limbah lele berguna bahkan bisa menjadi ide usaha juga. "Di Namfish Factory ini saya berusaha tidak membuang apapun dari limbah lele fillet saya, untuk itu dari mulai kepala, duri, sampai tulang saya olah kembali menjadi serundeng dan sambal," Ujar pria lulusan Universitas Padjajaran itu. 

Baca juga: Ini Penyebab Peternak Lele Rugi

Mempunyai istri yang jago memasak dan memberikan inovasi-inovasi baru sangat membantu Aldy dalam mengolah limbah lele fillet. sang istri yang bernama Feny berinovasi memproduksi serundeng berbahan baku duri tulang lele. Selain untuk camilan, serundeng itu juga sangat cocok dikomsumsi masyarakat karena mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan tulang.

"Kalau saya memang suka masak dan suka bereksperimen jadi saya berpikir sepertinya bisa nih tulang-tulang ini dimanfaatkan, serundeng dan sambalnya bisa dinikmati berbarengan dengan lele filletnya bisa makan pakai nasi ataupun dicemilin," Ujar Feny.

Baca juga: Intip Kunci Keberhasilan Ternak Lele

Dengan adanya pemanfaatan ikan lele dan limbah ikan lele menjadi makanan lezat nan bergizi, tulang ikan lele Aldy dan Feny dapat menjadi salah satu pilihan untuk memulai wirausaha bagi masyarakat. Hal ini juga menjadi peluang yang sangat bagus bagi ibu-ibu PKK/rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan karena bahan baku serta cara pembuatan serundeng dari limbah ikan lele cukup mudah dan murah.

Baca juga: Maggot Solusi Pakan Lele Murah

Related News