• 31 July 2021

Rahasia Kolam Lele Tidak Bau

SHARE SOSMED

"amoniak ini nanti membuat baunya semakin pekat dan air tercemar lalu lele bisa terkena penyakit dan bisa mati massal"

JAKARTA - Budidaya lele memang masih menjadi usaha yang banyak diminati masyarakat di Indonesia. Namun, salah satu masalah yang kerap dialami oleh pembudidaya adalah timbulnya bau pada kolam lele. Berbeda dengan budi daya ikan jenis lainnya, kolam pada budi daya ikan lele cenderung lebih cepat kotor dan berbau.

Bau yang ditimbulkan juga sangat mengganggu. Untuk itu perlu dilakukan penanganan dengan segera, sehingga gangguan tidak menyebar dan menimbulkan keresahan di lingkungan sekitar. Penyebab utama timbulnya bau pada kolam lele adalah tidak teraturnya pergantian air. Pada budi daya ikan lele, kolam kotor bukanlah hambatan lele untuk tetap hidup, karena lele dikenal memiliki alat bantu pernapasan yang disebut arborescent.

Baca juga: Sukses Pembenihan Bibit Lele Berlimpah

Akan tetapi, melakukan manajemen air sangatlah penting, yaitu dengan cara rutin mengganti air kolam lele agar tidak menimbulkan bau. Sisa pakan dan kotoran lele merupakan komponen utama penyebab air kolam menjadi kotor dan berbau. Oleh karena itu, pergantian air sangatlah penting dilakukan secara berkala.

Muhammad Hazim Arroyan, peternak millenial asal Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat ini memberikan tips khusus untuk sahabat tani yang ingin memulai budidaya lele agar kolam tidak bau. "Memang salah satu masalah yang paling berat yang dibicarakan oleh para peternak lele yaitu soal kualitas air, bagaimana air yang bagus dan cara agar air tdak bau. Kalau saya tipsnya adalah yang pertama jika air kolam sudah dirasa bau itu penyebabnya yang pasti adalah amoniak atau kotoran-kotoran lele yang mengendap dan harus kita segera tangani kalau dibiarin nanti bisa mati semua, amoniak ini nanti membuat baunya semakin pekat dan air tercemar lalu lele bisa terkena penyakit dan bisa mati massal," pungkasnya.

Baca juga: Maggot Solusi Pakan Murah Lele

Hazim mengatakan selain dengan melakukan pergantian air secara berkala, pemberian pakan sesuai dosis juga wajib dilakukan. Lele termasuk jenis ikan yang memiliki nafsu makan tinggi, sehingga para peternak sering sekali memberikan pakan dengan jumlah besar. Sayangnya, hal itu terkadang membuat lele kekenyangan dan memuntahkan makanannya yang membuat air kolam kotor dan bau.

"Pertama yang harus kita lakukan jika air kolam bau adalah dengan mengurangi airnya, air yang paling dasar kita kurangi secukupnya saja kira-kira 10 cm atau paling banyak sampai setengah kolam. setelah kita kurangi. abis itu kita tambah air baru dan kita herbal lagi dengan menggunakan ramuan probiotik," Jelasnya.

Baca juga: Mutiara, Lele Bermutu Tiada Tara

Tak hanya amoniak, bahan organik yang menumpuk pada kolam lele juga dapat menimbulkan bau. Seperti dedaunan yang jatuh tepat pada kolam lele dan dibiarkan membusuk di sana. Untuk itu, pembersihan kolam lele dari bahan-bahan organik juga wajib dilakukan agar kolam tidak bau. Penggunaan probiotik juga menjadi cara ampuh untuk menghilangkan bau pada kolam lele. Probiotik merupakan mikroorganisme yang berfungsi sebagai pengurai sisa-sisa pakan yang ada pada kolam.

Baca juga: Budidaya Lele di Pekarangan Rumah

 

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App