• 25 April 2024

Tips Terong Ungu Berbuah Lebat

uploads/news/2021/06/tips-terong-ungu-berbuah-83474fc9530164e.jpg

"Perawatannya pun tidak rumit, terong dapat tumbuh pada musim kemarau dan penghujan"

JAKARTA - Terong ungu merupakan jenis tanaman terong yang buahnya memiliki warna ungu dengan bentuk bulat memanjang dengan ukuran daun yang besar. warna bunganya mulai dari putih hingga ungu disertai dengan batang tanaman yang memiliki duri. tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 40 cm hingga 150 cm.

Terong sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung berbagai zat gizi, seperti kalsium, Fosfor, Zat Besi, Natrium, Vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Terong juga memiliki banyak sekali manfaat diantaranya: Membantu menurunkan berat badan, sayuran ini memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Oleh karena itu, terong dapat menjadi makanan sehat untuk orang-orang yang sedang program diet.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Limbah Kulit Kopi

Terong mengandung antioksidan yang tinggi, oleh karena itu terong bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko serangan jantung dan penyakit jantung. Selain untuk kesehatan jantung, terong juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti stroke, sakit jantung, penurunan fungsi ginjal, penuaan dini, kanker, katarak, dan demensia.

Budidaya terong dapat menjadi alternatif pilihan bagi siapa saja yang ingin menjalankan usaha dalam bidang pertanian. Tanaman terong juga dapat dengan mudah dibudidayakan, serta tumbuh di daerah rendah hingga dataran tinggi. Perawatannya pun tidak rumit, terong dapat tumbuh pada musim kemarau dan penghujan. Kasiran, salah satu petani yang mengelola tanaman di taman agro wisata ragunan memberikan tips bagaiman agar terong ceoat panen dan berbuah lebat. 

Baca juga: Tips Tingkatkan Imun Dengan Herbal

"Ini sudah panen kesekian kalinya udah nggak terhitung keberapa kali karena saking seringnya panen terong ungu, dia adalah tanaman yang cukup gampang dirawatnya, kuncinya cuma harus rajin disiram setiap hari sampai benar-benar basah semua," ujarnya saat ditemui Jagadtani.id.

Pria berumur 66 tahun itu menyampaikan terong dapat tumbuh dengan baik di bawah kondisi tanah yang subur dan tidak tergenang air. Jika pH tanah lebih rendah atau lebih tinggi, kita dapat memulai proses pengapuran terlebih dahulu.

"Rendam jenis bibit yang akan digunakan dalam air hangat selama sekitar 15 menit. lalu siapin media tanam sambil menunggu dan buat lubang kecil berukuran 1 cm, lanjut, masukkan benih terong ke dalam lubang dan tutupi dengan campuran tanah
Padatkan tanah dengan menepuk-nepuknya dengan ringan siram tanah dengan air dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Tunggu sekitar 1 bulan sampai benih berkecambah," tuturnya.

Baca juga: Tips Menanam Stroberi Untuk Pemula

Poin penting lain yang harus diperhatikan menurut Kasiran adalah iklim. ia merekomendasikan menanam terong di awal musim kemarau (Maret / April).

Related News