• 26 April 2024

Tips Memanfaatkan Limbah Kulit Kopi

"Limbah kulit biji kopi bisa dimanfaatkan menjadi beberapa hal yang bermanfaat seperti pupuk kompos, Cascara Kopi dan Pakan ternak"

YOGYAKARTA – Sahabat Tani pecinta kopi? Kopi merupakan salah satu komoditas yang sangat menjanjikan, karena kopi Indonesia sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan menurut Ditjen Perkebunan, Kementan, bahwa ekspor kopi menjadi salah satu komoditas unggulan.

Hingga kini, permintaan akan biji kopi terus meningkat di kalangan para penikmat kopi. Hal ini membuat petani berusaha untuk meningkatkan produksi kopinya sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Hanya saja, pada produksi biji kopi, seringkali para petani membuang kulit biji kopi dengan seadanya. Padahal, limbah kulit biji kopi bisa kita manfaatkan, loh.

Baca juga : Tips Tingkatkan Imun dengan Herbal

Pertama, sahabat tani bisa memanfaatkan kulit biji kopi menjadi teh. Caranya dengan menjemur kembali kulit tersebut hingga mengkerut berbentuk seperti kismis. Biasanya, orang-orang menyebutnya Cascara Kopi. Cascara dalam bahasa spanyol berarti Kulit. Kini cascara telah menjadi idola yang mulai bisa dinikmati para peminum kopi dunia. Sekarang banyak petani yang mulai mengolah cascara mereka dengan tidak membuang limbah kopi sisa proses hanya dengan begitu saja.

Lalu yang kedua, sahabat tani bisa coba manfaatkan kulit kopi ini menjadi pupuk kompos. Hal ini juga diungkap oleh Babinsa Cangkringan, Koptu Eko Widodo.

“Bisa juga dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Bagus untuk menyuburkan kembali tanaman kopi, seperti pakai pupuk kompos organik,” kata Eko saat ditemui di rumahnya yang berlokasi di Ngancar, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

limbah kulit biji kopi didalamnya memiliki kandungan unsur hara yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan tanaman. Tanaman sangat membutuhkan suatu unsur hara. Unsur yang dibutuhkan yaitu seperti unsur nitrogen, unsur kalium, dan unsur fosfor.

Baca juga Budidaya Melon Alisha Super Manis

Tak hanya itu, kulit biji kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Nah sahabat tani, kulit biji kopi ini masih memiliki nutrisi yang cukup tinggi untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Jadi, baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak. Memanfaatkan limbah kulit kopi untuk pakan ternak mungkin akan lebih disarankan karena kandungan serat kasar yang masih cukup tinggi serta kandungan zat kitin yang tergantung di dalamnya baik untuk kesehatan ternak.

Related News