• 31 July 2021

Melihat Sapi Kurban Pilihan Presiden

uploads/news/2021/06/melihat-sapi-qurban-pilihan-42281e9e817a29c.jpg
SHARE SOSMED

"Sapi jenis simental dengan berat 1,3 ton milik peternak asal Pulai Sungai Talah Bukit Lurah, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatangkamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terpilih sebagai calon hewan kurban Presiden"

JAKARTA - Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, identik dengan ritual penyembelihan hewan kurban yang memiliki dua makna. Makna pertama, yakni ibadah serta pendekatan diri kepada Allah SWT melalui media hewan yang akan disembelih atau dikurbankan. Sementara yang kedua ialah makna sosial yang mewujud lewat pembagian daging kurban, khususnya kepada kaum du’afa.

Perayaan Idul Adha selalu diikuti dengan penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban biasanya sapi, kambing, atau domba. Memasuki perayaan idul adha tahun ini, presiden Joko Widodo juga memilih hewan kurban dari salah satu peternak.

Baca juga: Perhatikan Syarat Beli Hewan Qurban

Sapi jenis simental dengan berat 1,3 ton milik peternak asal Pulai Sungai Talah Bukit Lurah, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatangkamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terpilih sebagai calon hewan kurban Presiden Joko Widodo pada Idul Adha 1442 Hijriah. Bagi sahabat tani yang akan membeli hewan kurban, tentu harus mengetahui kriteria hewan ternak yang layak untuk dijadikan kurban.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu, di Lubukbasung, Kabupaten Agam, Kamis, mengatakan sapi milik Fauzal Mubarak Albadi itu berkelamin jantan dan berusia sekitar empat tahun.

Baca juga: Intip Sapi Limosin Seharga Mobil

Ia mengatakan, sapi ini diajukan menjadi hewan kurban Presiden RI untuk warga Sumatera Barat. Sapi tersebut sudah disurvei untuk dilakukan verifikasi oleh tim dari Pemerintah Provinsi Sumbar dan Balai Viteriner Bukittinggi. Sampel darah sapi tersebut telah diambil oleh tim untuk diperiksa di laboratorium.

"Kita masih menunggu hasil sampel darah sapi itu dari laboratorium," kata Arief Restu, mengutip dari Antara. Lebih lanjut ia mengatakan, Fauzal Mubarak Albadi juga menjadi salah satu peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani Harimau Agam.

Baca juga: Ini Penyebab Kambing Boer Mahal

Saat ini, jumlah sapi miliknya sebanyak 80 ekor dengan jenis simental, PO dan lainnya. Sapi miliknya ini tak disangka telah dipilih oleh presiden sebanyak tiga ekor. Tak hanya itu, pada 2017 dan 2019, peternak wilayah Agam juga menjadi pilihan sapi kurban Presiden RI terdahulu. "Ini menjadi kebanggaan bagi kita, karena Agam sebagai penghasil ternak yang baik di Sumbar," tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App