• 28 September 2021

Perhatikan Syarat Beli Hewan Kurban

SHARE SOSMED

"Sapi atau kambing yang sehat bisa dilihat dari sisi agresif, lincah, mata belekan atau tidak, hidung juga sama apakah ada pilek atau ingus.."

JAKARTA – Mendekati hari raya Idul Adha peternak-peternak mulai menyiapkan hewan-hewan terbaik yang akan diburu para pembeli. Memilih sapi berdasarkan jenisnya sangat penting. Bagi orang yang berqurban, ada kepuasan tersendiri setelah memilih jenis sapi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Selain itu, mengurbankan sapi terbaik berarti nilai ibadahnya lebih tinggi.

Mulai dari tampilan secara keseluruhan hingga detail terkecil, sapi kurban ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Jenis-jenis dari sapi biasanya juga mempengaruhi harga sapi kurban. Sebagai masyarakat muslim kita pasti memiliki persiapan dalam merayakan hari yang fitrah tersebut, seperti memilih hewan kurban.

Baca juga: Ini Penyebab Kambing Boer Mahal

Secara umum, hewan yang akan dijadikan kurban haruslah halal secara Islam dan sehat. Namun dengan banyaknya penjual hewan kurban yang ada, tentu membuat kita sebagai orang awam bingung memilih hewan kurban yang sah dan sehat. Tidak ingin momen berkurban kali ini menjadi tidak sah dikarenakan beberapa hal sepele yang tidak sahabat tani ketahui.

Abdul Latif, pemilik Kandang Sapi Betawi Muda yang berlokasi di Jl. Palem 2, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan. Ia memberikan tips khusus bagi sahabat tani yang ingin berkurban.

“Dengan pandemi ini tetap ada kita belum tahu kapan selesai tapi dari sisi para peternak sangat optimis untuk kenaikan jadi Insha Allah kenaikan pembeli, karena sekarang orang lebih percaya ke peternak langsung. karena lebih puas milihnya, lebih kompetitif harganya, variatif jenisnya, dan yang pasti kaulitasnya lebih baik karena hewan tidak diturunkan ke jalan jadi tidak stres,” pungkasnya.

Baca juga: Penyembelihan Sapi Meningkat Jelang Lebaran

Pria lulusan Universitas Indonesia itu menyarankan bagi anak-anak millennial yang ingin mulai berqurban haruslah memilih hewan yang baik dan sehat. “Ini khususnya buat temen-temen millenial kita mengajak semuanya untuk ayo berkurban kalau sudah mampu, tetapi jangan sampai terpaksa. siapkan dulu keuangan kita. Jangan sampai kita memaksakan berqurban tapi ada keperluan lain yang lebih penting,” ujarnya mengingatkan.

Baca juga: Prospek Kambing Saanen Menjelang Qurban

Sahabat tani harus pastikan pula hewan qurban tersebut merupakan hewan sempurna tak mengalami cacat. Terdapat beberapa cacat yang membuat hewan kurban menjadi tidak sah yakni buta sebelah, pilek, atau tanduk yang tidak sempurna.

“Ketika kita membeli, usahakan hewan kurban terbaik, maksudnya kita harus tahu apa yang mau kita beli, yang sehat, sesuai budget, tidak cacat. Sapi atau kambing yang sehat bisa dilihat dari sisi agresif, lincah, mata belekan atau tidak, hidung juga sama apakah ada pilek atau ingus dll. Lalu matanya tidak merah tidak buta tanduk tidak patah, kult mulus tidak ada cacat atau apapun,” tuturnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App