• 24 April 2024

Prospek Kambing Saanen Menjelang Qurban

uploads/news/2021/05/prospek-kambing-saanen-menjelang-53429e6864fb7ac.jpg

"Yang saya punya ini jenisnya saanen sable. tinggi 100 cm. berat 100 kg, kemarinn sih sudah ada yang nawar Rp. 20 juta tapi belum saya lepas"

JAKARTA - Ternak yang mempunyai prospek untuk dikembangkan sebagai hewan perah selain sapi adalah Kambing Saanen, jenis kambing perah yang postur tubuhnya tergolong besar ini memang menjanjikan. Bobot kambing jantannya bisa mencapai kira-kira 60 kg dan betina 30-50 kg. Dengan postur tubuh mencapai tinggi kira-kira 90 cm, sementara betina kira-kira tingginya 80 cm.

Mungkin masih sedikit dari kita yang sudah mendengar istilah atau nama kambing Saanen. Kambing Saanen memiliki warna bulu dominan putih di seluruh tubuhnya. Kambing Saanen juga memiliki tanduk baik pejantan maupun betinanya. 

Baca juga: Sejuta Manfaat Susu Kambing Etawa

Di Indonesia sendiri saanen seringkali disilangkan, itu sebab kambing ini sulit berkembang di wilayah tropis karena kepekaannya terhadap matahari. Oleh karena itu jenis kambing ini disilangkan lagi dengan jenis kambing lain yang lebih resisten terhadap cuaca tropis dan tetap diberi nama kambing saanen, antara lain dengan kambing peranakan etawa.

Wahyu Susanto, Peternak Asal Pamulang Tangerang Selatan ini menyarankan untuk peternak pemula jika ingin cepat untung peliharalah saanen. "Bagi peternak pemula yang baru muali di dunia kambing saya sih menyarankan kambing saanen ya. Karena kambing ini mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak, sehari mampu memproduksi sebanyak 3 liter susu. Selain itu kambing Saanen mengkonsumsi lebih sedikit makanan perharinya jika dibandingkan dengan kambing yang lain ditambah kandungan lemak susunya lebih rendah hanya mencapai 2,5 persen hingga 3 persen saja. itu yang banyak dicari oleh para pembeli karena aman untuj dikonsumsi oleh penderita kolesterol," pungkasnya.

Baca juga: Resiko Terlalu Banyak Makan Daging

Wahyu sendiri memiliki kambing saanen seharga Rp. 20 juta loh sahabat tani. kambing ini ia siapkan sedari tiga tahun lalu dan baru siap dijual ditahun ini. "Yang saya punya ini jenisnya saanen sable. tinggi 100 cm. berat 100 kg, kemarinn sih sudah ada yang nawar Rp. 20 juta tapi belum saya lepas karena masih bisa lebih tinggi lagi sebab ini salah satu kambing qurban istimewa di Wahyu Farm," jelas pria dua anak itu.

Baca juga: Ternak Etawa Bikin Etawa

Kambing Saanen memiliki keunggulan komparatif respon terhadap pakan tinggi, kemampuan pencernaan tinggi mampu menghasilkan susu banyak kelebihan lain tata laksana kandang lebih mudah. Wahyu juga menyampaikan susu kambing sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, mengobati diabetes, menambah stamina, mengobati gangguan pernapasan, mengobati peradangan kulit menahun (psoriasis), mencegah penyakit syaraf, meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan produksi ASI, membantu meningkatkan kecerdasan, dan lebih mudah dicerna. Nah disaat pendemi covid seperti ini minum susu kambing Saanen baik untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Arak Sapi Tradisi Syawalan Boyolali

Related News