• 20 April 2024

Ternak Etawa Bikin Ketawa

"itulah sebabnya dalam berusaha kita tidak boleh gegabah dan harus dipelajari terlebih dahulu"

Bogor - Spesies favorit yang paling banyak dicari dan diminati untuk dibudidayakan saat ini adalah kambing etawa (Capra aegagrus hircus). Jenis ini bukanlah asli Indonesia, melainkan hasil perkawinan silang spesies lokal dan kambing jamnapari dari Kota Etawah India yang pertama kali dibawa oleh Presiden Soekarno Hatta sesaat setelah kemerdekaan.

Etawa dikenal dengan ukurannya yang besar dan mendominasi jenis kambing lainnya dengan bobot jantan mampu mencapai 85 kilogram dan betina 80 kilogram.

Susu kambing etawa juga banyak diincar karena dipercaya mengandung protein dan kalsium yang lebih tinggi dibanding susu sapi biasa
Karena alasan-alasan itulah etawa menjadi salah satu kambing yang paling banyak dicari.

Baca Juga: Mengenal Kambing Etawa Senduro

Salah satu peternak kambing Etawa asal Bogor, Jawa Barat, Fuad bercerita tentang pengalamannya selama beternak kambing Etawa.

“awalnya saya ini cuma nawar-nawarin aja alias sebagai peranta antara penjual dan pembeli kambing dari 2013,ketika saya masih bekerja di BUMN. lalu ceritanya ketika kerja saya ditanya sama atasan saya, ada enggak kambing di bogor tapi yang murah dan saya spontan bilang ada. Saya mengira dia hanya beli satu dua ekor saja enggak taunya dia beli 10 ekor. Disitu saya dapat keuntungan satu bulan gaji,” Pungkasnya.

Dari kisah itulah, niat Fuad semakin mantap untuk memutuskan menjadi penjual. Waktu terus berjalan, uang hasil dari tabungannya ia belikan 10 ekor kambing yang niatnya untuk dijual pada saat lebaram Idul Adha.

Baca Juga: Asal Usul Kambing Etawa

Namun semua tak berjalan mulus seperti apa yang diinginkan, kambing yang ia beli 10 ekor tersebut mati semua.

“iya pada saat saya mendapat keuntungkan belipat ganda saya langsung memustuskan untuk membeli kambing 10 ekor, tapi bukannya untung saya malah bunting. Semua kambing tersebut mati, itulah sebabnya dalam berusaha kita tidak boleh gegabah dan harus dipelajari terlebih dahulu. Pada saat itu memng saya akui saya masih kurang ilmu,” Tutur Fuad.

Baca Juga: Kambing Kendit, si Unik Bercincin

Usaha memang tak pernah menghianati hasil. Fuad terus membuktikan kepada keluarga dan juga kerabat dekat bahwa ia bisa menjadi peternak kambing etawa yang sukses. Terbukti saat ini omzet yang ia dapatkan dalam satu tahun bisa mencapai hampir 1 Milyar Rupiah.

“ya Alhamdulillah sekarang saya sudah benar-benar tahu porsinya bagaimana, dari mulai cara merawat sampai breeding, saat ini kalau lebaran Idul Adha Omzet saya bisa Rp.800.000.000 lebih itu sudah termasuk penjualan susu,” Tutupnya.

Baca Juga: Alasan Hewan Ruminansia Selalu Mengunyah

Related News