• 28 September 2021

Sejuta Manfaat Susu Kambing Etawa

SHARE SOSMED

"Susu kambing etawa mempunyai kandungan selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh"

Bogor – Sebagian orang menganggap bahwa yang bisa dikonsumsi dari kambing hanya dagingnya saja. Padahal susu kambing sangat bermanfaat untuk Kesehatan manusia, khususnya kambing Etawa. Satu ekor dari Kambing Etawa yang berkualitas bisa mencapai harga puluhan juta rupiah.

Dengan melihat harganya saja, sudah terbayang bagaimana manfaatnya yang luar biasa untuk tubuh. Harganya yang cukup mahal tersebut juga membuat banyak orang tertarik memeliharanya untuk dijual lagi maupun sekedar hobi.

Manfaat susu kambing etawa bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berbagai masalah kesehatan seperti penyakit yang berhubungan dengan lambung (maag kronis), masalah pernapasan, diabetes, kanker, hingga pengeroposan tulang dapat diatasi dengan susu kambing satu ini.

Baca Juga: Ternak Etawa Bikin Ketawa

walaupun sejauh ini, susu sapi masih menjadi produk susu hewani yang menjadi favorit di kalangan masyarakat. Namun susu kambing etawa ini mempunyai nutrisi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Susu kambing etawa mempunyai kandungan selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Berbagai kandungan susu kambing etawa ini pun dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan, hinga gangguan kesehatan tulang.

Baca Juga: Asal Usul Kambing Etawa

Salah satu peternak etawa asal Ciseeng, Kabupaten Bogor, Fuad Paturohman menjelaskan beberapa manfaat dari susu kambing etawa.“mungkin secara produktivitas susunya dia lebih sedikit tapi kualitas susunya memang yang paling bagus. manfaatnya sangat banyak, yaitu masa pengobatan sakit paru-paru, batuk, jantung, masker muka juga bisa,” Ujarnya.

Mantan Pegawai BUMN itu juga bercerita mengenai satu pembelinya yang merasakan langsung khasiat luar biasa dari susu etawa.“ada kejadian yang unik dulu ada ibu dari rekan temen saya, seumur hidupnya dia belum pernah minum susu kambing atau sapi. lalu ketika hidupnya menua beliau diajak sama rekan saya ke kandnag saya main dia punya batuk kronis yang sudah menahun dan mengganggu tidurnya, kemudian datang kesini saya coba kasih, beliau awalnya menolak sampai akhirnya mau minum. setelah besoknya temen saya ngabarin katanya mas alhamdulillah ibu saya merasakan langsung manfaat susunya. batuknya mulai mereda. hingga akhirnya saya anjurkan setiap hari untuk minum eh makin kesini makin membaik,” Tuturnya.

Baca Juga: Ternak Etawa Untung Berlipat Ganda

Memang sudah tidak diragukan lagi kegunaanya, ditambah rasa susu kambing etawa berbeda dengan susu kambing lain. Rasanya lebih tawar dan tidak amis maka dari itu banyak orang yang lebih memilih susu etawa ketimbang yang lain.

“kalau dicobain memang rasanya beda, nggak amis sama sekali. Apalagi kalau diperas terus langsung dinikmatin jadi lebih fresh masih anget, bisa juga kalau mau dingin dimasukin kulkas dulu. Saya jual perbotolnya Cuma Rp 10 ribu,” Tutupnya.

Baca Juga: Mengenal Kambing Etawa Senduro

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App