• 28 September 2021

Ini Penyebab Kambing Boer Mahal

SHARE SOSMED

"Kalau jenis boer ini adalah jenis kambing yang paling tangguh, bisa dilihat dari kakinya yang gagah. dia tidak mudah sakit karena bobot badannya yang besar"

JAKARTA - Kambing boer berasal dari Afrika Selatan, sudah sangat terkenal keunggulannya sebagai kambing tipe daging. Bobot hidup pejantan Boer dewasa yang terseleksi dengan baik (improved Boer) dapat mencapai antara 100 – 120 kg dan berat sapih umur 120 hari dapat mencapai 29 kg. melaporkan bobot lahir kambing Boer mencapai 3,9 – 4,0 kg dan rata-rata laju pertambahan bobot badan harian berkisar antara 203 – 245 g. Karena keunggulannya tersebut, maka jenis kambing Boer telah digunakan dalam program persilangan untuk perbaikan atau peningkatan genetik kambing lokal di banyak negara, dan juga di Indonesia.

Baca juga: Merino, Domba Boneka dari Wonosobo

Kambing Boer memiliki ciri-ciri tanduk memisah, postur badan pendek besar, pertumbuhan cepat, warna dasar bulu putih dan bulu lehernya cokelat, karkas dagingnya banyak, kandungan lemak dan airnya sedikit, cita rasa dagingnya lebih gurih ketimbang kambing Jawa dan tekstur dagingnya tidak alot/keras (seperti Kambing Jawa Muda).

Salah satu peternak kambing yang memelihara kambing bier adalah Wahyu Susanto, Pemilik Wahyu Farm yang terletak di Pamulang, Tangerang Selatan. "Kalau jenis boer ini adalah jenis kambing yang paling tangguh, bisa dilihat dari kakinya yang gagah. dia tidak mudah sakit karena bobot badannya yang besar," ungkap Wahyu.

Baca juga: Prospek Kambing Saanen Menjelang Qurban

Bobot tubuh kambing boer lebih besar sekitar 35 – 45 kg pada saat usianya 6 – 8 bulan saja, sedangkan di usia yang sama kambing jenis lain hanya berbobot sekitar 25 – 30 kg saja. "Ciri yang khas dari kambing boer yang membedakannya dari jenis kambing lainnya adalah bentuk tubuhnya yang lebar, dalam dan panjang. Kambing boer juga memiliki hidung yang cembung, telinga yang panjang menggantung dan kakinya yang pendek. Kepala kambing boer warnanya coklat kemerahan, coklat muda atau coklat tua," jelas bapak dua anak itu.

Meskipun kambing satu ini tahan peyamit, kebersihan kandang adalah hal yang penting. Kandang tetap harus dibersihkan secara rutin. perlu dibersihkan seminggu sekali atau dua hari sekali dengan cara disapu dan sebulan sekali dibersihkan dengan cara penyemprotan desinfektan.

Baca juga: Ternak Etawa Untung Berlipat Ganda

"kekuatan boer ini bisa dibuktikan karena saya punya kambing boer pernah disusunya itu ada tumor yang sudah parah banget,  saya obatin sekali eh nggak lama sembuh sendiri. Padahal harusnya sudah mati kalau kambing-kambing lain," ujar wahyu.

Budidaya kambing boer terasa sangat menguntungkan karena kemampuannya yang tumbuh dan berkembang biak. Kambing ini mampu tumbuh dalam jangka waktu yang sangat minim, berbeda dengan kambing lainnya. Wahyu menyarankan peternak yang ingin panen dengan lebih cepat untuk meningkatkan penjualan sangat direkomendasikan untuk membudidayakan kambing ras ini. 

"Ya kalau memang dirasa keuangannya cukup bisa beli kambing ini, seperti punya saya ini saya namain john bogel, sudah ditawar Rp. 15 juta belum saya lepas karena masih bisa lebih tinggi lagi harganya," tutupnya.

Baca juga: Sejuta Manfaat Susu Kambing Etawa

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App