• 28 September 2021

Intip Sapi Limosin Seharga Mobil

SHARE SOSMED

"Ya salah satu sapi limosin unggulan yang saya punya dan paling mahal saya buka harga Rp 120 juta"

JAKARTA - Sapi Limosin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi dan metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur. Di Indonesia sapi limosin seringkali disilangkan dengan berbagai jenis sapi lain, seperti misalnya dengan sapi peranakan ongol, sapi brahman atau sapi hereford

Sapi limosin diprediksi akan populer dan menjadi primadona di dunia peternakan. Semua orang yang bergerak di usaha penggemukan sapi mulai sering membicarakan sapi ini. Meski harganya lebih mahal, namun dari hari ke hari permintaan hasil ternak sapi limosin ini justru makin meningkat. Bahkan para peternak dan pedagang sering merasa kewalahan untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk, karena stok dan suplainya masih sangat terbatas.

Baca juga: Prospek Kambing Saanen Menjelang Qurban

Seperti halnya yang dialami Abdul Latif, pemilik Kandang Sapi Betawi Muda yang berlokasi di Jl. Palem 2, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan. Setiap tahunnya ia mengaku sapi limosin yang ia sediakan selalu habis.

"Sapi limosin ini paling dicari oleh orang-orang yang memang sudah dari tahun ke tahun qurban karena proses pertumbuhannya lebih cepat. Kemudian badan serta ukuran beratnya yang juga lebih tinggi sehingga jumlah dagingnya pasti lebih berlimpah. Selain itu kualitas sapi limosin juga dinilai lebih bagus dan lezat untuk dijadikan makanan. Maka tidak mengherankan bila nilai jual dari sapi jenis ini juga jauh lebih tinggi dan mahal," pungkas Latif.

Baca juga: Ini Penyebab Kambing Boer Mahal

Latif juga mengatakan, keunggulan lain memelihara ternak sapi limosin adalah waktu yang dibutuhkan untuk penggemukan atau pertumbuhannya lebih pendek dan singkat. Dan yang membuat para peternak lebih nyaman adalah, sapi ini juga lebih tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Dari banyaknya limosin yang ia punya ada satu yang paling mahal, sapi limosin ini dibanderol seharga Rp 120 juta loh sahabat tani. "Ya salah satu sapi limosin unggulan yang saya punya dan paling mahal saya buka harga Rp 120 juta, Alhamdulillah sudah laku cuma memang masih dititipkan disini sampai Idul Adha nanti," ujar pria lulusan Universitas Indonesia itu.

Baca juga: Arak Sapi Tradisi Syawal Boyolali

Latif mengaku range harga yang ia buka di tahun ini yaitu mulai Rp 18 - 120 juta. "Kalau harga kenaikannya nggak terlalu banyak sih dari tahun kemarin, karena kan di kandang sapi betawi muda sendiri ada banyak perubahan dari segi kandang kita sudah lebih luas dan nyaman. Selain itu dari segi pakan juga kita lumayan nambah biaya maka dari itu harga dinaikin sedikit," Tutupnya.

Baca juga: Penyembelihan Sapi Meningkat Jelang Lebaran

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App