• 16 April 2024

Fantastis, Ini Keunggulan Kambing Sapera

uploads/news/2021/05/fantastis-ini-keunggulan-kambing-88115e94bc31c47.jpg

"Keunggulan sapera ini dagingnya lebih tebal, daya tahan tubuhnya bagus, nggak gampang sakit"

JAKARTA - Kambing sapera adalah silangan kambing jenis Saanen Full Blood dengan Kambing Peranakan Etawa (PE). Kambing PE ini bisa berupa Jenis Kambing Kaligesing dan atau Kambing Senduro. Kambing ini merupakan kambing tipe perah, penghasil susu. Kambing Sapera merupakan hasil inovasi teknologi Balai Penelitian Ternak (Balitnak).

Sapera cocok dipelihara di dataran sedang sampai dengan tinggi. Produksi susunya berkisar 1,5 - 2 liter per hari. Adapun kandungan Nutrisi Susu Kambing yaitu protein 3,6%. lemak kambing 4,2 %, karbohidrat kambing 4,5 %, kholesterol kambing 17,mg, kalori kambing 69 kal, vitamin A kambing 185 mg, vitamin C kambing 1,29 mg, pospor kambing 111 mg, kalsium kambing 134 mg, dan magnesium kambing 16 mg.

Baca juga: Tingkatkan Stamina dengan Kambing Muda

Siapa sangka, ternak sapera ternyata sangat menjanjikan loh sahabat tani, sebab jenis kambing ini merupakan kambing perah yang memiliki segudang keunggulan dibanding jenis kambing lain. Wahyu Susanto, Pemilik Wahyu Farm yang terletak di Pamulang, Tangerang Selatan, menjelaskan beberapa keunggulan yang dimiliki kambing sapera. 

"Keunggulan sapera ini dagingnya lebih tebal, daya tahan tubuhnya bagus, nggak gampang sakit, tampilan jogrognya lebih keren, dan rata-rata kambingnya berwarna putih dan bertanduk panjang," pungkas Wahyu.

Baca juga: Ini Penyebab Kambing Boer Mahal

Keunggulan lainnya yang disampaikan pria dua anak itu adalah kambing sapera ini cepat berkembang biak. Setiap 8 bulan beranak, dengan kata lain dalam 2 tahun bisa beranak 3 kali. Beranak lebih dari 1 ekor, Ternak (anak) jantan sebagai dijadikan sebagai ternak potong.

Tak hanya itu, untuk betinanya, sapera lebih menghasilkan susu yang berlimpah ketimbang jenis kambing lain. Kambing perah sapera bisa menghasilkan susu dalam jumlah banyak dengan kandungan nutrisi Omega 3 yang memenuhi standar gizi.

Baca juga: Prospek Kambing Saanen Menjelang Qurban

"Kalau betinanya, bisa menghasilkan susu yang lebih banyak dan kualitas susunya bagus," tambah Wahyu. Susu sakmbing sapera lebih mudah dicerna dan diserap dalam pencernaan, karena butiran lemak susu lebih kecil dan homogen. Susu kambing sapera baik dikonsumsi oleh penderita alergi susu sapi atau bagi yang tidak dapat mengkonsumsi susu sapi. Selain itu susu kambing ini memiliki kandungan nutrisi (vitamin, mineral, dan asam amino) yang tinggi. Tak perlu khawatir, susu ini juga dapat dikonsumsi oleh anak balita.

Related News