• 20 April 2024

Pentingnya Suntik Otot Bagi Ternak

"sapi-sapi bali yang baru datang saya selalu suntikin obat cardiofit yang berguna sebagai penguat otot dan meningkatkan daya tahan tubuh pada ternak"

JAKARTA – Permasalahan yang ada pada peternakan di sekitar sentra pembibitan sapi bali yaitu tingginya infeksi parasit cacing pada ternak sapi bali. Karena di wilayah tersebut ada sentra pembibitan sapi bali, maka daerah tersebut sudah mendapat perhatian tentang kesehatan ternak sebagai percontohan untuk peternak sekitar.

Baca juga: Perhatikan Syarat Beli Hewan Qurban

Sebagai alternatif pemecahan masalah dalam hal ini para peternak diluar area bali selau melakukan perawatan ekstra jika spai bali sudah tiba di lokasi. Seperti yang dilakukan Abdul Latif, pemilik Kandang Sapi Betawi Muda yang berlokasi di Jl. Palem 2, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan. Ia Memberi tahu bahwa pentingnya suntik otot dan sterilisasi pada hewan qurban khusunya sapi.

“Kalau di Kandang sapi Betawi muda, sapi-sapi bali yang baru datang saya selalu suntikin obat cardiofit yang berguna sebagai penguat otot dan meningkatkan daya tahan tubuh pada ternak. Untuk memulihkan kondisi stamina sapi, menambah nafsu makan sapi dan membantu recovery sebelum atau sesudah perjalanan jauh,” jelas pria yang bekerja di Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia itu.

Baca juga: Intip Sapi Limosin Seharga Mobil

Menurut Latif, penyuntikan otot pada hewan-hewan yang baru datang sangatlah penting. Guna tidak stres dan nafsu makannya Kembali normal.

“Seperti makhluk hidup pada umumnya, Namanya di perjalanan jauh pastikan setres apalagi kalau kapasitasnya penuh, pasti tidak nafsu makan dan daya tahan tubuhnya semakin lemah makanya saya langsung suntikan cardiofit ini yang mengandung glukosa, tiamin disulfit, methicobal, vitain B6, dan magnesium konsentrat,” Tambah Latif.

Baca juga: Selamatkan Kerbau Pampangan dari Kepunahan

Pengetahuan tentang cara memberi injeksi pada hewan ternak, baik secara di bawah kulit, tepat ke dalam aliran darah pada otot, maupun tepat ke pembuluh vena, biasanya pembuluh vena jugularis/di leher), sangatlah penting untuk memvaksinasi atau merawat hewan ternak dengan vaksin dan obat. Sapi, kerbau, sapi betina, sapi yang telah dikebiri, atau anak sapi tidak harus sakit terlebih dahulu sebelum diberikan injeksi, banyak hewan ternak yang sehat sepenuhnya harus mendapat injeksi untuk keperluan vaksin tahunan atau suntikan vitamin.

Baca juga: Prospek Kambing Saanen Menjelang Qurban

Related News