• 27 April 2024

Diet Sehat dengan Buah Plum

uploads/news/2021/05/diet-sehat-dengan-buah-4869083af2b5261.jpg

"Dengan mencampurkan buah plum ke dalam menu makan pagi, siang, atau malam, berat badan sahabat tani bisa terkontrol"

JAKARTA - Bagi sahabat tani yang sedang diet cobalah konsumsi buah satu ini. Plum merupakan buah ajaib dengan beribu manfaat. Buah yang berasal dari genus Prunus ini bersaudara dengan persik, ceri, dan buah beri lainnya. Itulah mengapa rasa dan bentuknya tidak jauh berbeda. Dari zaman dahulu, buah plum sudah digunakan sebagai salah satu bahan peracik obat-obatan.

Khasiatnya dapat mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit dalam sampai luar. Selain itu, buah ini juga digunakan dalam program diet loh. Buah Plum dikatakan baik untuk diet karena kandungan gula sorbitol yang bersifat laksatif alias pencahar. Dengan kata lain, mengonsumsi buah plum dapat membantu tubuh menguras kelebihan berat air karena BAB yang lebih lancar.

Untuk lebih lengkapnya, Berikut beberapa khasiat dari buah plum.

Baca juga: Konsumsi Apel Cegah Stroke

Mengobati Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat buah plum yang sering diperbincangkan banyak orang adalah keunggulannya dalam mengatasi masalah pencernaan. Contohnya seperti sembelit dan wasir. Serat yang terkandung dalam buah prem dapat membuat masa feses menjadi padat sehingga menjauhkan kita dari masalah pencernaan. Tidak hanya itu, serat buah prem yang melancarkan pencernaan juga dapat melindungi kita dari risiko kanker usus. Khasiat buah plum ini sudah terbukti sejak lama. Di Eropa, buahnya bakan sering diperjualbelikan sebagai obat sakit perut.

Baca juga: Mengenal Tepung Tapioka Minim Nutrisi

Sebagai Antioksidan

Buah plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Hal ini karena plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Kehadiran zat-zat tersebutlah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida. Ditambah dengan kehadiran fenol didalamnya, semakin menunjukkan kemampuan buah ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang mampu menjadi senjata dalam melawan radikal bebas.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi. Maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit. Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit. Agar tubuh selalu berada dalam kondisi fit dan prima, nampaknya kita harus mulai berburu buah yang satu ini bukan.

Baca juga: Buah Zaitun Simbol Rakyat Palestina

Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah studi komparatif, buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, khasiatnya dalam hal ini lebih baik dibandingkan dengan anggur merah, loh. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Berguna untuk Diet Natural

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, manfaat buah plum ini cocok untuk sahabat tani yang sedang diet. Dengan mencampurkan buah plum ke dalam menu makan pagi, siang, atau malam, berat badan sahabat tani bisa terkontrol. Dengan kata lain, cara di atas secara tidak langsung mejauhkanmu dari obesitas. Ini dikarenakan sifat anti-inflamasi buah plum yang dapat mencegah pembengkakan pada tubuh. Menurut studi yang dilakukan oleh University of Liverpool, sifat anti-inflamasi itu akan menghancurkan lemak-lemak pasif dalam tubuh.

Baca juga: Ini Penyebab Peternak Lele Rugi

Related News