• 19 September 2021

Buah Zaitun Simbol Rakyat Palestina

uploads/news/2021/05/buah-zaitun-favorit-warga-41876f26a364f5f.jpg
SHARE SOSMED

"Minyak zaitun adalah kehidupan kami, identitas kami, dan masa depan kami"

JAKARTA - Sahabat tani pasti sudah tidak asing lagi dengan buah favorit Nabi Muhammad SAW ini. Ya, Buah Zaitun yang sering kita kenali dengan khasiat minyaknya yang luar biasa ini ternyata dijadikan simbol negara palestina loh sahabat tani.

Pernah jadi tempat berdirinya kiblat pertama umat muslim, Palestina menjadi salah satu negara Timur Tengah yang menyimpan begitu banyak sejarah seputar peradaban Islam termasuk buah zaitun.

Baca juga: Tips Merawat Kaktus Dalam Ruangan

Dilansir dari Middle East Eye, ada sekitar 10 juta pohon zaitun di tanah Palestina. Pohon dan hasil buminya disebut sebagai simbol dari identitas rakyat Palestina, makanan hingga peninggalan bersejarah.

"Minyak zaitun adalah kehidupan kami, identitas kami, dan masa depan kami. Dari cerita kakek nenek kami, zaitun menghidupi tanah kita sehingga bisa ditinggali. Minyak zaitun adalah simbol dari rakyat Palestina," kata salah seorang Petani, Mohamed Abu Awwad.

"Orang Israel selalu menargetkan pohon-pohon itu dibanding tumbuhan lain yang ada di Palestina. Mereka memotongnya, menutupnya, dan membakarnya, mencoba menghentikan identitas orang Palestina. Kita menonton di televisi orang Israel dengan sengaja mencabut dan membakar pohon zaitun, mereka tidak ingin melihat satu pohon pun di wilayah tepi barat," tambahnya.

Baca juga: Mengenal Airplants, Tanaman Tanpa Tanah

Minyak zaitun dari Palestina bahkan disebut sebagai yang terbaik dari produsen dari negara lain karena rasanya yang khas. Rasa dan wangi minyak zaitun Palestina dikatakan lebih kuat dibanding minyak zaitun lain.

Kota Deir Ghassana yang terletak di kawasan utara Kota Ramallah, merupakan salah satu tujuan wisata menarik yang ada di Palestina. Di tempat ini sahabat tani dapat menemukan bangunan rumah-rumah kuno yang terbuat dari batu-batu dan telah dibangun sejak abad ke-18.

Baca juga: Makanan yang Lebih Baik Direbus

Di setiap sudut rumah disana terdapat sumur-sumur tua yang berfungsi sebagai tempat menyimpan air, minyak zaitun serta biji-bijian sebagai bekal persiapan ketika datangnya musim paceklik atau sedang dalam peperangan. Berkunjung ke tempat ini wisatawan dapat merasakan nikmatnya kuliner-kuliner lokal khas negeri muslim ini.

Manfaat dari buah zaitun pun sudah tidak usah diragukan lagi. Minyak zaitun dikenal banyak memiliki manfaat tidak hanya untuk mengolah makanan tapi juga hingga untuk perawatan kulit dan wajah. Memiliki kandungan vitamin A, D, E, dan K kulit wajah bisa menjadi lebih halus jika menggunakan masker berbahan zaitun dengan teratur.

Baca juga: Fungsi Kaki Sakti Kupu-Kupu

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App