• 16 April 2024

Tips Merawat Kaktus Dalam Ruangan

uploads/news/2021/05/tips-merawat-kaktus-dalam-721015e729fbf48.jpg

"Jangan terlalu banyak memberikan asupan air pada kaktus, karena justru menyebabkan kaktus menjadi cepat busuk dan mati.."

JAKARTA - Jika sahabat tani ingin memiliki tanaman mungil nan cantik di dalam ruangan cobalah pelihara kaktus. Cara merawat kaktus hias di dalam ruangan sebenarnya tidak terlalu sulit, namun memang dibutuhkan ketelitian dan perhatian khusus. Kaktus lebih mudah dirawat daripada tanaman hias lainnya, karena mereka hanya membutuhkan sedikit air untuk hidup. Namun, seperti halnya dengan tanaman lain, kaktus juga tak luput dari perawatan agar bisa tumbuh subur.

Nah, bagi Sahabat Tani yang ingin merawat atau membudidayakan kaktus hias, Tolib, pemilik Greenthink Kaktus Sukulen yang terletak di Graha Raya, Tangerang ini memberikan tipsnya.

Baca juga: Merawat Kaktus Agar Tidak Busuk

Cukupi Kebutuhan Sinar Matahari

"Tanaman kaktus ini memang bisa ditaruh dimana saja, seperti jika di dalam ruang atau indoor, sahabat tani cukup jemur sehari minimal satu sampai dua jam di teras atau jendela ruangan," Saran Tolib. Ya, Kaktus memang dapat hidup dengan baik dari paparan sinar matahari langsung, untuk itu tempatkan mereka di sudut ruangan yang mendapatkan sinar matahari paling hangat dan cerah. Bawa mereka ke luar saat suhu terendah malam hari di atas 10 derajat Celsius. Penting juga untuk diperhatikan bahwa kaktus tidak dapat terus menerus terpapar sinar matahari, karena akan terbakar dan menyebabkan berubah warna menjadi kuning atau cokelat.

Baca juga: Kaktus, Si Mini Penghisap Debu

Tanah dan pupuk yang Tepat

"Kalau untuk media sendiri jika di dalam ruangan sahabat tani bisa menggunakan sekam bakar, pasir malang, perbandinganya 1:1, sementara untuk pupuk kandangnya setengah saja," Jelasnya. Tolib juga menyarankan untuk kaktus agar cepat tumbuh sahabat tani harus rajin memberi pupuk. Sebab, pupuk berfungsi dalam memberi nutrisi tersebut untuk kaktus. Jenis pupuk yang bisa digunakan sebenarnya cukup standar, seperti pupuk kompos, pupuk kandang, atau jenis pupuk NPK. Namun, dalam memberi pupuk pada kaktus hias ada baiknya untuk hati-hati, karena jika sembarangan akan merusak bentuk fisik dari kaktus hias tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Tanamn Hias Minimalis

Jangan Terlalu Sering Disiram

Jenis tanaman kaktus memang pada dasarnya memiliki simpanan persediaan air yang terdapat dalam batangnya. Akar dari kaktus tersebut sistemnya juga cukup sederhana dan memiliki jumlah akar yang sedikit. Hal tersebut yang menyebabkan kaktus justru tidak dapat menyerap jumlah kelembapan yang terlalu tinggi. Maka dari itu, sahabat tani jangan terlalu banyak memberikan asupan air pada kaktus, karena justru menyebabkan kaktus menjadi cepat busuk dan mati. "Untuk melakukan penyiraman cukup lakukan sebanyak satu kali dalam periode satu sampai dua minggu dan tidak perlu terlalu banyak perawatan," Tutupnya.

Baca juga: Merogoh Rupiah dari Tanaman Hias

Related News