• 26 April 2024

Bunga Matahari di Rooftop Mall

"Tempat baru ini yang sangat instragramable. Jadi untuk pencari konten ataupun yang senang foto-foto bisa datang ke Mall BTM tepatnya di lantai lima"

BOGOR - Sahabat tani pastinya sudah tidak asing dengan bunga matahari. Tanaman bernama latin Helianthus annuus L ini merupakan tanaman semusim yang populer sebagai penghasil minyak maupun tanaman hias. Bunga matahari yang mekar memiliki bentuk khas dengan kepala bunga besar dan berwarna kuning terang. Selain keindahan, biji bunga matahari atau dikenal dengan kuaci umumnya banyak dijadikan cemilan yang cukup digemari masyarakat.

Tanaman yang berasal dari Amerika bagian utara ini banyak dibudidayakan di Indonesia, termasuk di Kota Bogor atau tepatnya di Bogor Sky Garden. Menariknya, tanaman yang bunganya condong ke arah matahari ini ditaman dengan memanfaatkan lahan rooftop pusat perbelanjaan Mall BTM Bogor.

Baca juga: Menanam Bunga Matahari di Pekarangan

Chief of Marketing Communication Mall BTM Bogor, Chintan Silalahi mengatakan, Bogor Sky Garden dibangun sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota Bogor, salahsatunya adalah Bogor Berkebun. Disamping itu, pihaknya ingin memberikan suasana baru bagi pengunjung terutama mereka yang suka mencari spot foto instagramable ataupun menikmati pemandangan alam dengan hamparan bunga matahari. 

"Tempat baru ini yang sangat instragramable. Jadi untuk pencari konten ataupun yang senang foto-foto bisa datang ke Mall BTM tepatnya di lantai lima. Ada 1.000 bunga matahari yang sedang mekar," kata Chintan. Bogor Sky Garden buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB. Bagi pengunjung tidak dikenakan biaya ketika mengakses kebun tersebut, namun harus mengikuti anjuran pemerintah menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: 5 Bunga yang Bisa Dimakan

Di Bogor Sky Garden, Mall BTM tak hanya menaman bunga matahari di pot-pot, tapi juga melakukan pembibitan guna memperbanyak tanaman. Saat ini, sudah ada ribuan bunga matahari yang tumbuh pada umumnya setinggi orang dewasa bahkan sedang bermekaran.

"Di sini kita tanam dari mulai biji. Biji dipilih yang sudah tua kita dijemur sekitar seminggu, lalu disemai dalam pot besar. Untuk Ini media tanam yang digunakan hanya tanah saja," kata Penanggung Jawab Kebun, Saahid. Setelah biji yang ditaman tumbuh tunas atau berumur satu minggu, kemudian satu per satu dipindahkan ke polybag ukuran besar dan disimpan di bawah paparan sinar matahari penuh.

Baca juga: Bunga untuk Dimakan atau Hiasan?

Saadih mengemukakan, untuk bercocok tanam bunga matahari intinya tidak terlalu sulit, dengan kata lain perawatannya cukup baik itu penyiraman, pemupukan dan pengendalian gangguan hama. "Penyiraman air bisa dilakukan setiap hari, pagi dan sore. Untuk pemupukan kita pakai pupuk organik kotoran hewan ternak dan juga pupuk pabrikan khusus seminggu sekali. Nah, kalau terkena hama disemprot saja (pembasmi hama)," paparnya. 

Baca juga: Refugia Sang Pelindung Musuh Alami

Menurutnya, tanaman ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sejak dilakukan penanaman hingga tumbuh bunga dan mekar sempurna. Sementara bunga matahari sendiri dapat mekar selama sekitar dua minggu. Rencananya, Mall BTM tak hanya menaman bunga matahari, dengan memanfaatkan sebagian lahan rooftop akan memperbanyak tanaman bunga dari jenis lainnya di Bogor Sky Garden. "Sejauh ini kita fokus ke bunga matahari dulu, kedepan ada rencana akan dikembangkan jenis tamanan hias lain, seperti bunga kertas kalau saya bilang," tutupnya.

Related News