• 19 September 2021

Refugia Sang Pelindung Musuh Alami

uploads/news/2021/04/refugia-sang-pelindung-musuh-28106cae6a6bd79.jpg
SHARE SOSMED

"Tanaman refugia mampu menjaga kelestarian musuh alami, menjaga keseimbangan ekosistem dan bermanfaat sebagai pengelolaan hama untuk tanaman yang sedang dibudidayakan"

JAKARTA – Apakah Sahabat Tani mengenal tanaman refugia?

Umumnya tanaman refugia terlihat indah dan menarik bagi penglihatan manusia karena tanaman ini berbentuk bunga dengan warna cerah yang memikat mata. Ternyata, tak hanya menarik bagi manusia, tanaman refugia juga dikenal sebagai tanaman yang sengaja ditanam untuk mengundang sang musuh alami sebagai tempat berlindung.

Lena Karolina, Co-Founder dari Kebun Pahlawan 10 membudidayakan banyak jenis tanaman refugia di kebunnya. Menurut ibu dari dua anak ini, tanaman refugia mampu menjaga kelestarian musuh alami, menjaga keseimbangan ekosistem dan dapat bermanfaat sebagai pengelolaan hama untuk tanaman yang sedang dibudidayakan.

Baca Juga: Sistem Pertanian Pelmakultur Jaga Ekosistem 

“Kami disini banyak sekali bunga-bunga, karena semua bunga ini adalah tanaman refugia. Nah, tanaman refugia ini akan mengundang para predator datang ke kebun. Jadi sebelum kami menanam sayuran seperti kangkung, bayam dan sayuran hijau lainnya, kami tanam dulu untuk mengundang para predator,” ujar Lena saat ditemui di jalan Pahlawan nomor 10 RT 2 RW 10 Kelurahan Kebayoran Lama Utara, kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut perempuan kelahiran tahun 1984 ini mengungkap, selain menjaga keseimbangan lingkungan tanaman refugia dapat memperindah lahan pertanian yang subur dengan dikelilingi tanaman bunga yang mekar.

Baca Juga: Mesin Grafting Penunjang Bibit Unggul

“Kalau ada bunga-bunga refugia ini jadi terlihat cantik bukan kebunnya. Padahal tak hanya sekedar ditanam untuk hiasan, mereka ini juga sangat berguna bagi para petani maupun pekebun,” ungkap Lena.

Jenis tanaman yang berpotensi dijadikan sebagai tanaman refugia adalah jenis yang berbunga serta memiliki warna mencolok. Perempuan yang mendirikan Suistainable Indonesia ini menyebutkan beberapa contoh tanaman yang termasuk refugia seperti kenikir, zinnia, marigold, sansivera, bunga matahari, celosia dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Aman Mengkonsumsi Bunga

Tanaman Refugia diharapkan dapat menjadi tempat perlindungan serta sebagai penyedia pakan bagi predator dari hama tanaman pada tanaman utama. Makanan yang didapatkan predator dari tumbuhan berbunga adalah madu dan nektar dari bunga serta serangga hama yang bersembunyi pada tumbuhan tersebut.

“Bunga-bunga ini kami budidaya selain untuk dijual juga kami jadikan salah satu tempat untuk edukasi Jika nantinya ada peserta yang hendak belajar tanaman refugia. Termasuk menjelaskan jenis-jenis bunga apa saja yang tergolong bunga refugia yang nantinya bisa ditanam untuk dikebun mereka,” tutupnya.

Baca Juga: Bunga untuk Dimakan atau Hiasan?

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App