• 24 April 2024

Makanan Favorit Arwana Super Red


“Arwana ukuran kecil  makannya cacing beku sama udang, sedangkan arwana besar sudah bisa makan udang dan kodok.”

Tangerang - Salah satu ikan hias yang dijadikan pilihan investasi adalah ikan arwana super red. Ikan ini merupakan asli dari Indonesia, warnanya merah dan bentuk tubuhnya ramping yang menjadi ikan favorit untuk dikoleksi.

Baca juga: Fakta Arwana Super Red

Memelihara arwana super red harus perhatikan pemberian pakan dan perawatan pH air di dalam aquarium. Pemberian pakan, diperlukan pembagian secara rata sesuai kebutuhan umur ikan.

Arwana super red salah satu ikan karnivora pemakan daging yang memakan hewan lainnya. Ia biasanya memakanan cacing, katak kecil, udang, jangkrik, lalat dan termasuk ikan kecil.

Seperti halnya yang dilakukan Hans Christian (28) owner dari Tres Aquatics membedakan jenis pakan peliharaannya mulai dari arwana super red ukuran kecil sampai ukuran besar.

Baca juga: Seni Berbisnis Arwana Super Red

Kalau rata-rata ikan kecil itu makannya cacing beku sama udang yang kecil-kecil, sedangkan kalau sudah agak besar udang sama kodok air atau kodok lalat yang kecil. Terus untuk ikan-ikan ukuran besar biasanya si pakannya udang dalam jumlah yang lebih banyak,” tutur Hans kepada Jagadtani.id, saat ditemui di Ruko ikan yang terletak di Komplek Ruko The Element, Alam Sutera, Kelurahan Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, pria kelahiran 1993 ini menjelaskan pemberian pakan yang mengandung tinggi karetonoid dapat membantu memunculkan warna merah pada jenis ikan tersebut. Selanjutnya, berikan pakan variasi agar kebutuhan protein dan gizi terpenuhi.

Baca juga: Tips Merawat Arwana Super Red

Tak hanya itu, pemberian pakan kecoa madagaskar juga diperlukan lantaran bermanfaat untuk mencerahkan warna merah pada arwana super red. Jenis pakan ini berguna sebagai vitamin ikan arwana.

Dengan memberikan varian pakan, maka sahabat tani dapat dengan mudah mengetahui kekurangan kandungan gizi ikan tersebut.
Pemberian pakan udang sangat dibutuhkan untuk mengeluarkan warna merah pada arwana super red. Perlu sahabat tani ketahui, sebelum memulai pemberian pakan udang, sebaiknya potong bagian kepala terlebih dahulu supaya tidak melukai ikan tersebut.

Bersama itu, pemberian pakan yang tidak sesuai kadar maka akan berakibat buruk untuk kesehatan ikan arwana. Maka, dianjurkan untuk memberikan pakan hidup yang telah di Karantina selama kurang lebih 5 hari.

Baca juga: Langkanya Si Raja Arwana

Related News